Pages

18 June, 2016

#Day12 Kata-kata

#Day12 Kata-kata

Bunga ini cantik. Bentuknya mengingatkan saya pada partikel salju yang diperbesar. Juga mengingatkan saya pada penelitian tentang kata-kata positif yang membuat struktur air menjadi seindah salju. Sebab dominan tubuh manusia terdiri dari air, maka stimulus positif pun berlaku mendapat respon persis penelitian itu. Kalau tak salah penelitian Masaru Emoto, ya... orang Jepang.

Penelitian yang menyimpulkan bahwa kata-kata memiliki kekuatan. Jika positif, ia akan memberi kekuatan tak terduga yang menghasilkan keajaiban indah. Sebaliknya, kata-kata negatif berkekuatan menghancurkan bahkan meski hal itu indah awalnya. Lalu saya teringat wasiat Sang Nabi, "Janganlah kamu berdebat, meskipun kamu benar. Balasannya adalah surga." Bukan berarti tidak boleh berargumentasi, tetapi bila bukan urusan aqidah, setidaknya tidak ada poin yang perlu diperjuangkan dalam perdebatan. Mungkin sebab dari kebenaran akan menjadi pembenaran, hanya karena debat dianggap sebagai ajang perang kata-kata yang akhirnya membuat pelakunya tergelincir untuk memaksakan kebenaran ada di pihaknya. Sebab seringkali dalam ajang perdebatan, kita tak lagi memikirkan perasaan atau dampak yang dihasilkan dari perkataan yang kita lontarkan. Cara yang kurang baik, bisa menghancurkan kebaikan seseorang persis sebagaimana kata-kata negatif merusak struktur indah air jernih.

Ah, kembali ke realita. Bunga ini membuat saya berpikir banyak tentang kata-kata. Kata-kata secara lisan maupun tulisan. Maaf ya, bila saya pernah khilaf dengan pemilihan kata saya.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget