Pages

07 June, 2016

#Day2 Berkah

#Day2 Berkah

Ramadhan membuat banyak orang terlihat lebih sholih. Terbukti dengan barisan jamaah di masjid yang kian bertambah. Banyak pula yang memasang target seperti harus khatam Qur'an 1 kali, shalat berjamaah di masjid terus, rawatib tak lupa, dan lainnya. Memang atmosfer yang tercipta sungguh fastabiqul khairaat... berlomba-lomba dalam kebaikan. Beragam kajian dengan pemateri keren menghiasi layar tv, mimbar masjid dan kita pun berlomba menghadirinya.

Tapi... ada yang perlu dicermati dan diri ini harus sering berkaca. Itu semua adalah ibadah individu, ruhiyah kita sendiri. Lantas bagaimana dengan ibadah sosial kita, ruhiyah sekitar kita? Semoga kita tidak lantas berbangga diri dengan targetan itu hingga lupa bahwa kita menyalahi hak sesama. Misal, saking kita ngejar khatam qur'an, waktu istirahat kerja melewati batasnya karena asyik ngaji. Tarawih dan subuhan di masjid, waktu tidur berkurang, lalu di kantor jadi lemas dan tidak seenergik biasanya hingga banyak pekerjaan yang melewati deadline bahkan terbengkalai. Semoga, kuantitas ibadah yang meningkat tidak membuat kualitas performa diri kita merosot tajam. Menyedihkan, bila kita sibuk pada diri sendiri lalu abai pada sekitar.

Dan tentu saja, bagi yang sudah baik kuantitas dan kualitas ibadahnya, berhati-hatilah pada godaan sombong dan bangga pada diri sendiri. Harus ingat selalu, bahwa segala ibadah yang telah kita lakukan disebabkan ridha dan izin Allah yang memampukan dan menggerakkan hati kita menujuNya.

Cek lagi dan terus cek, berkahkah semua yang telah kita lakukan? Luruskan niat.

Barakah... adalah bertambahnya kebaikan dan manfaat. Semoga Ramadhan kali ini, keberkahannya makin terasa pada diri kita.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik