Pages

13 January, 2017

[Review buku] Your job is not your career

Judul: Your job is not your career
Penulis: Rene Suhardono
Penerbit: Literati
Dimensi: 162 hlm, 13 x 19 cm, cetakan IV Juni 2014
ISBN: 978 602 8740 26 5

Banyak di antara kita yang memiliki paradigma bahwa pekerjaan dan karir itu sama. Sehingga saat kita berpikir untuk resign sebab sudah tak tahan dengan tekanan dan budaya perusahaan, kita berpikir karir kita terhenti. Dalam buku ini, penulis membuka cakrawala kita bahwa kedua hal tersebut berbeda.

Pekerjaan hanyalah bagian dari karier. Karier itu sendiri adalah segala hal yang terkait dengan nilai hidup saat melakukan pekerjaan. Singkatnya pekerjaan sekadar alat atau kendaraan yang bisa membawa kita ke satu tempat yang kita kehendaki. Sedangkan karier adalah perjalanan itu sendiri. (H.20)

Jadi sangat lumrah bila kita bekerja lintas disiplin ilmu atau bahkan bergonta-ganti profesi, selama nilai hidup kita tetap. Buku ini juga memahamkan saya tentang perjalanan karier saya. Secara pekerjaan, saya pernah menjadi guru freelance di homeschooling, R&D di perusahaan konsultansi, Instructional Designer di perusahaan modul interaktif, dan guru sekolah. Awalnya saya kira semua tak berkaitan, karier saya tak selaras. Ternyata itu hanya pekerjaan. Karier saya atau lebih tepatnya passion saya ya di dunia yang sama. Keempat pekerjaan itu adalah dunia belajar-mengajar, membaca-menulis, dan bermanfaat bagi orang lain. That's why I feel happy and always wanna give my best contribution when I'm in there.

Simple book, colourful, crunchy to read, many ilustration and not wordy, I like the layout and the cover. Meski temanya sudah sering dibahas, tetap asyik bacanya.

Terima kasih buat Kak Lili yang sudah menghadiahkan sepaket (buku ini ada 2 jilid, meski tidak bersambung) dan mengantar langsung ke Bogor dari Bekasi.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

"There are two ways to be rich; one is to have more, the other is to want less." (H.40)

"Passion is NOT what you're good at. It is what you enjoy the most!" (H.56)

"Bekerja sesuai passion akan menghasilkan ENERGI terbarukan sebagaimana matahari." (H.61)

"Saat mencari tahu apa passion Anda, enjoy the journey itself. It's all about self-discoveries. Sebelum bisa bilang I do only what I love doing, jangan pernah ragu mencoba banyak hal. And yes, you can have more than one passion." (H.66)

"Attitude adalah yang menentukan apakah kita bisa berbahagia di mana saja, mengerjakan apa saja, dengan siapa pun dan kapan pun. Dalam banyak hal kita selalu dihadapkan pada 2 pilihan saja: happy atau unhappy--kenapa selalu saja tergoda untuk memilih unhappy?" (H.96)

"Fortuna favi fortus. Keberuntungan memihak mereka yang berani! Kuasai rasa takut & jeritkan 'teriakan perang' Anda!" (H.119)

"Zona nyaman" ada dalam pikiran saat diri merasa sudah tidak ada lagi yang dapat dilakukan--diperbaiki, ditingkatkan, dimajukan, dihebatkan, dan diluarbiasakan. (H. 124)

"And what is success? NOT about becoming the best. It is about BECOMING YOUR SELF-BEST!" (H.131)

"Ada 2 syarat kebahagiaan: PLEASURE (letupan emosi positif yang kita rasakan setiap melakukan sesuatu, bertemu orang lain, dan berada di tempat tertentu) & MEANING (makna atas segala hal saat Anda melakukan, bertemu, dan berada tadi)." (H.140)

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik