Pages

10 January, 2017

#Day10 Peran

#Day10 Peran

Setiap kita memilik banyak peran dalam hidupnya. Peran sebagai seorang hamba, anak, kakak, adik, sepupu, teman, sahabat, tetangga, pelajar, pekerja, pasangan, orangtua, saudara, aktivis, figur publik, dan lainnya. Dalam tiap peran itu, apakah kita sudah optimal menjalaninya?

Misal, peran anak saat di rumah. Apakah kita benar-benar menghadirkan jiwa kita sebagai anak saat di rumah? Ya membantu orangtua, menemani, berbincang dari hati ke hati, menghormati, dan sebagainya. Atau malah saat di rumah kita lupa akan peran kita sebagai anak, malah tetap asyik dengan peran pekerja. Masuk kamar, mengerjakan beragam tugas dan tak peduli pada family time. Padahal keluargamu juga punya hak atas dirimu.

Pun sebaliknya. Saat belajar atau bekerja, apakah kita sudah optimal atas peran kita dengan belajar bersungguh-sungguh, menuntaskan tugas tepat waktu dan benar, dan lainnya. Atau malah asyik membuang waktu dan jadinya korupsi waktu? Hanya saat ada reward dan imbalan kita bersemangat dan mengakui peran kita. Hmm...

Lebih bahaya lagi adalah bila kita lupa menjalankan peran kita sebagai hamba Allah. Peran kita untuk beribadah padaNya, menaati segala perintah, menjauhi segala larangan, menjadi rahmat bagi semesta, yang bila kita hadir orang lain berbahagia.

Sadarkah kita akan peran-peran itu? Betapa ada banyak kewajiban dibanding waktu yang tersedia. Ada banyak hak orang lain yang menuntut peran kita. Sudahkah kita mencoba usaha terbaik kita? Atau malah kita adalah manusia yang merugi bahkan celaka, sebab begitu lamban menjalankan peran kita.

Jangan sampai terlambat... nanti kita menyesal. Segera optimalkan peranmu! Hayo, asah 'gergaji' kita (habit ketujuh dalam 7 habits karya Steven covey).

Meta morfillah

@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1710

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik