Pages

21 January, 2017

[Review buku] How to master your habits

Judul: How to master your habits
Penulis: Felix Y. Siauw
Penerbit: Alfatih press
Dimensi: 160 hlm + viii, 20.5 cm, cetakan ke-10 januari 2015
ISBN: 978 602 17997 2 7

Mengapa ada satu orang yang bisa ahli dalam satu hal meskipun dia tidak termotivasi melakukannya? Menurut penulis buku ini, jawabannya adalah HABITS. Habits lahir dari practice and repetition. Tanpa perlu berpikir atau termotivasi, kita hanya harus mengondisikan agar habits ini tercipta. Dengan sukarela atau pun berat hati. Tanpa sadar segala hal luar biasa hanyalah pengulangan, latihan, hukum 10.000 jam dan menjadi muscle memory (tanpa sadar).

Hanya butuh tiga langkah membentuk habits baru:
1. Mulai dari yang kecil
2. Temukan tempat habits
3. Berlatihlah terus

Langkah pertama pembiasaan akan selalu menjadi berat sebab ketidaknyamanan. Namun umumnya jika konsisten selama 30 hari pertama, akan menyukseskan 3 bulan selanjutnya, setahun selanjutnya dan pada akhirnya akan menjadikan kita menguasai habits tersebut.

Gaya bahasa penulis sangat lincah dan ringan, persis seperti mendengar beliau ceramah langsung. To the poin, jleb jleb jleb. Sayangnya saya terganggu dengan desain isi buku ini. Warna hitam putih namun menampilkan banyak gambar di bagian bawah atau atas dengan opacity full sering mengaburkan teks di bagian itu. Seharusnya gambar tersebut dikurangi opacitynya atau dibuat berwarna agar lebih dapat "highlight"nya.

Mengenai isi buku saya suka, sebab sangat menginspirasi terutama bagi pendakwah Islam.

Jazakumullah khair untuk Bursa Buku Berkualitas yang telah menghadiahkan saya buku ini.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

"Practice makes right, repetition makes perfect." (H.38)

"Keberhasilan bukan terletak lebih banyak pada motivasi, tapi pada pengondisian."(H.83)

"Dua orang pada pilihan yang sama dan visi yang sama, mencintai Dzat yang sama; Allah SWT, cepat atau lambat pasti akan berjumpa." (H.96)

"Easy come, easy go, everything that came with an instant will gone in an instant. There's no such things as ujug-ujug." (H.106)

"Membaca buku adalah sejenis bentuk ketagihan seperti spiral melebar terus membesar. Satu buku akan mengajak pada dua buku, dua buku pada tiga buku, dan seterusnya." (H.115)

"Unreasonable fear, ketakutan yang hanya ada di dalam bayangan kita saja, tak mewujud dalam kenyataan." (H.137)

"Andaikan beralasan itu boleh, maka bukankah seharusnya Rasulullah SAW yang paling berhak atas itu. Tapi beliau tidak melakukannya, dan itu jelas sebuah teladan bagi kita." (H.169)

Meta morfillah

1 comment:

  1. Buku yang menggugah. mengingat banyak sekali habit baru yang ingin saya lakukan dan meninggalkan habit buruk saya yang banyak juga. :)

    ReplyDelete

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik