Pages

14 January, 2017

#Day14 Photograph

#Day14 PHOTOGRAPH

Kangen Bapak. Lelaki yang suka memotret dengan kamera kodak hitam manualnya. Yang rajin mengabadikan momen, mencetaknya dan mengurutkan dalam album. Bahkan mengetik sendiri keterangan tiap foto.

Kangen Bapak. Tiap kangen, jadi buka album foto yang tersisa di lemari. Sebab sebagian besar kenangan hanyut terbawa banjir di Jakarta. Dari foto-foto aku sadar bahwa masa kecilku begitu bahagia. Segala aktivitas dari tiap foto kuingat selalu membuat tersenyum. Tak pernah berpikir memalukan bergaya begini-begitu. It so natural.

Kangen Bapak. Lelaki yang saat meninggalkan dunia ini, meninggalkan jejaknya dalam tiap foto yang diambilnya. Kehilangan dirinya, kehilangan pula tiap momen berharga yang bisa diabadikan. Ketiadaan Bapak membuat produksi album foto di keluarga terhenti. Kameranya tak tersentuh lagi, tergilas zaman pula oleh kamera digital. Tak ada lagi lelaki yang rajin mencetak foto ukuran 4R dan mengurutkannya. Hanya ada dua album tambahan, album saat ia dimakamkan. Album yang berisi kesedihan, penuh warna hitam. Berduka.

Kangen Bapak. Seakan ada kesepakatan tak terucap, mengenang beliau dalam hening masing-masing. 

Dan kangen itu semakin besar bagi anak gadisnya yang beranjak dewasa. Yang begitu memerlukan sosok Bapak sebagai walinya. Namun, di dunia ini selalu ada hal yang tak akan pernah berhasil kita dapatkan sekeras apa pun kita berusaha dan berdoa. Aku tak akan pernah bisa membuat Bapak hidup kembali, meski aku sangat merindu hadirnya. 

Terus sayangi orangtuamu, selagi masih ada. Jangan sampai merindu hingga kebiasaan kecilnya, bahkan cerewet atau diamnya.

Meta morfillah

@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1714

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik