Pages

04 January, 2017

#Day5 Mengenali diri dengan STIFIn

#Day5 Mengenali diri dengan STIFIn

Kenali dirimu, maka akan kaukenali Tuhanmu.

Beberapa tes sudah saya lalui. Hasilnya saya plegmatis-sanguinis (teori Hipocrates Galenus), gaul-harmoni (Tipologi M-Knows), ENFP (tes MBTI), Influence (teori DISC), acak-abstrak, internal locus of control dan lemah di spasial-visual serta musik (multiple intelligences). Selama ini pun saya hanya tahu sedikit penjabaran hasil tes tersebut, mengenali kelebihan dan kekurangan saya. Menurut saya yaa cukuplah. Beberapa memang terwakilkan.

Lalu saat bergabung menjadi guru Sekolah Islam Ibnu Hajar (SIIHA), saya dites STIFIn. Hasilnya Feeling introvert. Setelahnya saya diberi pembekalan tentang STIFIn dasar, STIFIn learning dan STIFIn teaching. Kadang menyerempet dikit ke aplikasi STIFIn untuk perjodohan.

Awalnya saya biasa saja, tapi setelah didalami, hal ini semakin menarik. Beberapa perilaku saya yang kadang aneh dan dipandang rekan kerja "Bu Meta kok Fi, tapi enggak kayak Fi ya? Feeling abal-abal." Ternyata ada penjelasannya. Tentu ini sebab faktor lingkungan dan pengalaman hidup saya juga (besar di Jakarta dan budaya otak saya).

Hampir semua dikupas tuntas, sehingga saya tahu bagaimana cara saya belajar dan mengajar. Mengapa saya kadang nyaman, kadang lesu, keras kepala, dan lainnya. Saya suka ilmu ini.

Namun setiap ilmu harus dipertanggungjawabkan. Sekolah saya mencoba berdedikasi mengaplikasikan STIFIn. Sehingga sekolah ini adalah pioneer sedunia bahkan (bila dikatakan senasional masih kecil, hehe). Tuntutannya tak ringan. Kami sebagai guru harus ekstra berpikir holistik juga detail.

Tapi semua proses memang tak mengkhianati hasil. Saya semakin menemukan kebesaran Allah serta bergantung padanya. Pada murid, saya berusaha menjadi yang terbaik, tidak seperti pengalaman saya yang sekadar mengajar dahulu. Sekarang saya harus mendidik.

Hai murid hebat, kita kerjasama ya, biar kita semua hebat bersama. Kalian disorot nasional, loh! Fokus positif yaa, Ibu yakin kalian baca tulisan di instagram ini.

Jangan lupa shalat yaa...
Rabbi habli minasshaalihiin

Meta morfillah

@30haribercerita
#30haribercerita #30hbc1705

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik