Pages

17 January, 2017

[Review buku] Career snippet

Judul: Career snippet
Penulis: Rene suhardono
Penerbit: Literati
Dimensi: 191 hlm
ISBN: -

Buku ini merupakan satu paket dengan buku "Your job is not your career". Namun tidak ada halaman identitas dan ISBN. Saya berkesimpulan ini adalah buku tambahan yang isinya memang lebih praktikal menjawab pertanyaan seakan FAQ lembaga careercoach yang digawangi penulis.

Terbagi menjadi dua hal besar:
1. Saya dan hal-hal praktis soal pekerjaan (careercoach seputar karier dan motivasi) dengan 4 contoh rockstars (orang yang berkiprah dahsyat di bidangnya, menurut penulis).
Membahas masalah pendidikan, losing job, berburu pekerjaan, membuat CV, interview, loyalitas, career planning, side job, dan entrepreneur.
2. Survival kit @ workplace (careercoach seputar bekerja) dengan 5 contoh rockstars. Membahas tentang menjadi generalis atau spesialis, careercoaching, networking, managing stress, office politics, conflict resolution, leadership, wisdom, dan work life balance.

Bahasanya ringan ala coach, banyak ilustrasi, bermain highlights dengan warna, gambar, dan ukuran serta jenis font.

Saya apresiasi 3 dari 5 bintang.

"How to be a rockstar: lakukan yang terbaik, rendah hati, be yourself, make mistake and learn from them, money is good but not everything." (H.13)

"Pendidikan bukanlah perhatian utama. Hal prioritas untuk mempertimbangkan seseorang untuk posisi senior: reputasi, track records, integritas, leadership, komunikatif, kebiasaan bekerjasama dengan siapa pun." (H.18)

"Pendidikan akan bermanfaat maksimal apabila kita punya visi atas hidup dan karier." (H.27)

"Passion adalah sesuatu yang kita sangat sukai dan bisa kita lakukan berjam-jam tanpa merasa capek. Curiosity adalah keingintahuan kita terhadap sesuatu tapi tidak cukup membuat kita enjoy melakukannya berjam-jam lamanya." (H.83)

"Memilih sesuatu yang kita sukai sama dengan bertanggung jawab penuh atas pilihan tersebut. Tahu betul kekurangan dan kelebihan yang dipilih." (H.109)

"Ada yang bilang hari ini adalah besok yang kita khawatirkan kemarin. Betapa melelahkannya. So please be here and now!" (H.132)

"Pemimpin terburuk bukan yang menelurkan keputusan buruk, namun pemimpin yang tidak memutuskan." (H.158)

"Worry less, do more!" (H.180)

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik