Pages

15 January, 2017

[Kajian] Pemimpin dalam perspektif Al Quran

Pemimpin dalam perspektif Al Quran

Ustad Taufiq Khulaimy

Taat pada pemimpin diwajibkan kalau memimpin dengan Al Quran.

HUKUMNYA BEDA terkait demo:
Apa hukumnya demo di negara yang menjalankan al quran?

Apa hukumnya demo di negara yang tidak menjalankan al quran?
Pertimbangan bahaya. Undang-undang sama, tapi pelaksanaannya akan beda untuk 80 % warga muslim, dan 20% warga kafir. Sabar menghadapi imam yang tidak adil.

Seperti perumpamaan makan daging hewan yang diharamkan saat sehari-hari dengan saat survival.

Hadits akan kembalinya khilafah:
Ridho dengan kebathilan adalah bagian dari kebathilan. Kaum muslimin wajib mengubah keadaan. Tentunya pakai manhaj quran.

Buka surat hud ayat 112-113 membuat rasul beruban, sebab saat dakwah dalam keadaan sulit tetap dituntut harus berdakwah dan sabar.

Cara mengubahnya lihatlah sirah nabawiyah saat menegakkan islam (perhatikan dakwah rasul di mekah dan madinah). Seperti kata imam malik "Tidak akan pernah baik akhir umat ini kecuali dengan apa yang telah membuat baik umat yang pertama."

Saat ini negara kita mirip dengan cara dakwah rasul saat periode mekah. Banyak sabarnya tidak langsung menghancurkan berhala.

Terkadang memakai aturan orang kafir. Saat Rasul diancam akan dibunuh saat masuk Mekah, maka Rasul meminta perlindungan pada baninya (orang kafir). Jadi jangan terlalu idealis tapi tidak realis dengan keadaan sekitar. Memaksa quran pada masyarakat yang kafir, kita harus lihat situasi dan kondisi. Bijaklah menyikapi hal-hal seperti itu. Jangan sampai membuat kebijakan yang kontraproduktif.

*catatan sepemahaman penulis

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik