Pages

19 November, 2013

Perenungan

Tidak semua perenungan berujung pada jawaban. Seringkali, pertanyaan barulah yang lahir. Karena hidup adalah proses bertanya dan pertanyaanlah yang membuat kita terus maju (Madre)

Sering gak sih kalian merasakan seperti itu? Setiap kali kalian merenung (bermuhasabah/introspeksi), kalian malah mendapatkan pertanyaan-pertanyaan baru yang semakin tidak dapat kalian jawab. Padahal pertanyaan awalnya saja belum terjawab? Lalu apa yang biasanya kalian lakukan?

Apakah kalian akan semakin bertanya-tanya?
Apakah kalian semakin merasa hidup ini begitu berat dan rumit?
Apakah kalian semakin merasa tidak berdaya, seperti debu yang tak berdaya melawan kehendak angin yang membawanya ke sana-ke mari?
Apakah kalian semakin menyadari kalian begitu bodoh dan tak mengetahui apa-apa?
Ataukah kalian menjadi lebih damai dari sebelumnya, menyadari bahwa kalian harus menerima sesuatu di luar logika?
Atau mungkin kalian semakin keukeuh mencari jawaban, walau itu semua membuat kalian menjadi semakin gila?

Dan banyak kemungkinan-kemungkinan lainnya…

Itu semua manusiawi. Tiap kepala berbeda kan. Tapi yang pasti jangan sampai kalian berbuat baik karena pujian orang lain, berhenti berbuat baik karena makian orang lain. Teruslah berbuat baik, walau orang akan dengan mudahnya melupakan kebaikan kita.
Pernah saya dengar ada yang lebih utama dari iman, yaitu ihsan (berbuat baik).

“Engkau mengabdi kepada Allah, seakan-akan engkau melihat Dia. Kalau engkau tidak dapat melihat-Nya, yakinlah Dia pasti melihatmu.” (HR. Muslim)

“Jika kamu berbuat baik, (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri…” (QS Al-Isra’: 7). Dan irfman Allah : “Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) seperti halnya Allah berbuat baik terhadapmu….” (QS. Al-Qashash: 77)

Yaa.. semoga tiap perenungan membawa kita menjadi pribadi yang semakin baik tiap harinya.

With love,
Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget