Pages

10 April, 2014

[Review Buku] The extraordinary adventures of Arsene Lupin

Judul             : The extraordinary adventures of Arsene Lupin
Penulis          : Maurice LeBlanc
Penerjemah   : Dewi Fita & Resita Febiratri
Penerbit         : Bukune
Dimensi         : 252 hlm; 14 x 20 cm
ISBN             : 602-220-062-8


Review Buku ala meta
Segi tampilan:
Covernya unik, terkesan ‘buku lama’ yang agak menguning dan menunjukkan kemisteriusan sang pencuri. Saya suka covernya.Tapi dari blurb yang ada di cover belakang buku, saya agak kecewa.

Kali ini Sherlock Holmes datang telat memenuhi undangan dari tuan rumah Monsieur Devanne. Apakah Holmes berhasil mengejar Lupin?

Saya menantikan kemunculan Sherlock Holmes, ternyata tidak ada! Apakah ini salah ketik? Typo? 

Segi isi:
Buku ini menceritakan beragam aksi-aksi hebat dari pencuri cerdik asal Perancis, Arsene Lupin. Semua aksinya rapi, bersih dan licin, sehingga sulit untuk menangkapnya. Tokoh Arsene Lupin memiliki pasangan, yang selalu menceritakan kisahnya. Persis seperti Sherlock Holmes yang memiliki Watson dalam mendokumentasi kasus-kasus yang dihadapinya. Hanya saja, tidak jelas siapakah tokoh “Aku” yang bercerita di salah satu kasus di buku ini. Dalam buku ini, ada delapan kasus yang menceritakan aksi-aksi Arsene Lupin. 

Dari segi alur, saya sangat menikmatinya. Penulis memberikan banyak twist di akhir cerita. Hanya untuk beberapa kasus, saya agak kebingungan mengenai PoV (sudut pandang) yang digunakan. Kebanyakan menggunakan sudut pandang “Aku”  (PoV) 1, namun seperti PoV 3, di mana pencerita tahu segalanya. Menurut saya ini merupakan poin minus. Kadang agak membingungkan, sebenarnya ini siapa yang sedang bercerita.

Dari delapan kasus tersebut, saya paling suka kasus yang berjudul “Kalung Sang Ratu”. Dari kisah ini, saya jatuh cinta pada Arsene Lupin. Dia menjelma menjadi tokoh Villain yang membuat pembacanya jatuh hati.

Secara keseluruhan buku ini menarik. Saya berikan rating 4 dari 5 bintang.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget