Pages

19 March, 2014

[Review Buku] Bumi

Judul: Bumi
Penulis: Tere Liye
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Januari 2014
ISBN: 978-602-03-0112-9
Dimensi: 440 hlm, 20 cm
Bumi
Blurb/sinopsis:
Namaku Raib, usiaku 15 tahun, kelas sepuluh. Aku anak perempuan seperti kalian, adik-adik kalian, tetangga kalian. Aku punya dua kucing, namanya si Putih dan si Hitam. Mama dan papaku menyenangkan. Guru-guru di sekolahku seru. Teman-temanku baik dan kompak.

Aku sama seperti remaja kebanyakan, kecuali satu hal. Sesuatu yg kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yg menakjubkan.

Namaku, Raib. Dan aku bisa menghilang.

Buku pertama dari serial "Bumi".

Review suka-suka tha:
Apa pun yang terlihat, boleh jadi tidak seperti yang kita lihat. Apa pun yang hilang, tidak selalu lenyap seperti yang kita duga. Ada banyak sekali jawaban dari tempat-tempat yang hilang. (Hal. 99)  
Kalian suka fantasi? Buku ini cocok untuk kalian, kalau begitu. Menceritakan kisah petualangan Raib, yang bisa menghilang dan merupakan keturunan Klan Bulan terkuat, bersama kedua sahabatnya Seli dan Ali, yang juga bukan manusia biasa.

Awal cerita, mereka bertiga hanyalah anak SMA biasa. Dengan masalah-masalah yang biasa. Kecuali, Raib--yang akan kita panggil Ra untuk ke depannya. Sejak usia dua tahun, dia bisa menghilang hanya dengan menutup wajahnya dengan kedua telapak tangannya dan berpikiran menghilang.

Tidak ada yg mengetahui rahasia ini, hingga suatu pagi, saat Ali dan Ra dihukum oleh Miss Selena karena tidak mengerjakan PR Matematika. Ali memergoki Ra bisa menghilang, dan sejak saat itu ia mengamati Ra. Perlu diketahui, Ali ini keponya luar biasa. Seharusnya ia adalah pemenang olimpiade internasional, sayang karena sifat ingin tahunya yang terlalu besar, ia melakukan eksperimen dan meledakkan tempat olimpiade, sehingga didiskualifikasi.

Kisah ini semakin menarik, ketika mencapai pertengahan novel. Ada kejadian tak terduga, saat Ra menemani Seli ke kantin. Tak sengaja tiang listrik besar jatuh dan akan menimpa mereka. Tiba-tiba saja, Seli bisa menahan tiang listrik itu dengan kedua tangannya dan mengeluarkan petir untuk menyelamatkan jiwa mereka yang terancam. Tak lama, sekelompok panglima bayangan yang dipimpin Tamus--sosok makhluk jahat dari Klan Bulan--menyerang sekolah mereka. Tanpa mereka ketahui, ternyata guru matematika yang menyebalkan selama ini, Miss Selena adalah penolong yang menyelamatkan mereka bertiga. Miss Selena mengirimkan mereka ke dunia Bulan, melalui buku kehidupan yang diwarisi oleh Ra.

Di dunia bulan, mereka terdampar di rumah Ilo, seorang desainer yang terkenal seperti artis korea gwi yeo weon. Di sinilah mereka bertiga menemukan jati diri mereka. Ra, cucu dari cucu cucu "si Tanpa Mahkota" yang kuat dari Klan Bulan. Seli, keturunan Klan Matahari. Dan Ali, makhluk tanah atau makhluk bumi yang bisa berubah menjadi beruang. Kisah lengkapnya, silakan baca bukunya.

Nah menariknya adalah, membaca buku ini seperti mengingatkan saya pada dua buku lainnya, yakni Harry Potter karangan J.K. Rowling dan Nibiru karangan Tasaro GK. Cara-cara perpindahan Av melalui serbuk api, pertemanan tiga orang remaja dan desain kota bulan mirip seperti Harry Potter. Sedangkan, konflik utama yakni mengembalikan penguasa lama (mirip juga sih dengan Lord Voldemort di Harpot) serta kekuatan-kekuatan tiga remaja tersebut mirip dengan Nibiru. Jadi, rasanya masih kurang WOW. Seperti mudah tertebak. Tapi buku ini layak saya apresiasi, karena membuat saya ingin terus membacanya. Dimulai pukul 19.00, selesai pukul 21.00. Hahah.. Sudah lama tidak membaca sekalap ini.

Bintang 4 dari 5. Oiya, ada sedikit typo dari editannya.



Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget