Pages

26 June, 2014

Cinta adalah sahabat, yang mirip?

"Cinta adalah persahabatan"

Quote ini menghiasai banyak sekali film, buku, lagu, puisi. Kalian pasti pernah mendengarnya di manalah, bukan?

Tapi sebenarnya, menurut hemat saya, poin quote ini bukan: maka cinta sejati kalian kadang adalah sahabat sendiri, silahkan cek sahabat-sahabatnya. Bukan itu.

Melainkan ketika kita tiba di level paling tinggi sebuah hubungan cinta, maka cinta itu berubah mengkristal menjadi persahabatan. Seperti orang tua kita, seperti kakek-nenek kita. Seperti orang-orang  tua di sekitar kita. Cinta mereka menjelma menjadi persahabatan abadi. Bahkan mereka terlihat mirip satu sama lain, wajahnya, cara bicaranya, cara berjalannya. Seperti dua sahabat karib yang begitu dekat--karena, oleh dan untuk cinta.

--Tere Liye

Pemikiran di atas cukup menarik. Sahabat jadi cinta, atau  cinta jadi sahabat ya? Whatever, menurut saya pribadi, semua itu adalah bentuk cinta. Karena cinta serupa energi, memiliki hukum kekekalannya sendiri. Cinta tidak pernah hilang, hanya berganti bentuk. Awalnya kekasih, lama-lama menjadi sahabat, teman hidup dan partner in crime too.

Lalu, bagaimana dengan mitos bahwa pasangan yang mempunyai wajah mirip antara satu sama lain berarti jodoh? Namun, benarkah lawan jenis yang berwajah mirip berarti dia berjodoh dengan kamu? Jawabannya, tidak juga. Sebab jodoh adalah rahasia Tuhan.

Mereka yang memiliki kemiripan wajah, berjodoh, merupakan penegas bahwa manusia cenderung menyukai orang yang memiliki kemiripan dengannya. Entah itu kemiripan dalam hobby, minat dan bakat bahkan kemiripan fisik. Karena tanpa mereka sadari bahwa mereka menyukai refleksi dari diri mereka sendiri. Saat saya searching, ternyata ada penelitiannya. Berikut paparannya, (saya ambil dari sini)


Orang-orang yang berkumpul karena cinta pasti akan melihat kesamaan di antara dirinya dan pasangannya. Maka tak heran kita sering melihat orang yang memiliki kesamaan wajah akhirnya menikah. Seorang psikolog pun melakukan percobaan untuk menguji fenomena ini. Ia menganalisis foto-foto dari banyak pasangan yang diambil ketika mereka masih pengantin baru dan foto-foto dari pasangan yang sama 25 tahun kemudian.


Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pasangan suami-istri itu telah berkembang menjadi mirip satu sama lain dari waktu ke waktu. Dan apabila pasangan itu hidup bahagia dan tetap saling mencintai, maka semakin besar kemungkinan memiliki peningkatan kesamaan fisik.


Peneliti tersebut menduga pasangan yang makin tua tampak makin mirip itu karena mereka mempunyai kontak dekat dan meniru ekspresi wajah pasangannya masing-masing.


Contohnya, jika pasangan tersebut memiliki selera humor yang baik dan banyak tertawa, mungkin dia akan mengembangkan garis tawa di sekitar mulutnya dan begitu juga pasangannya. Jadi kemiripan antara Anda dan pasangan biasanya tidak akan terlalu terlihat ketika Anda dan pasangan baru saja menjalin hubungan dan menghabiskan waktu bersama dalam waktu yang singkat.


Karena biasanya kemiripan terjadi ketika kalian sering berbagi segalanya dalam waktu yang lama dan berproses.


Namun, kesamaan wajah tersebut tidak mutlak menjadi tanda bahwa orang yang mirip wajahnya dengan Anda berarti jodoh dan yang tidak mirip sama sekali berarti bukan jodoh. Karena mungkin Anda dan pasangan tidak memiliki kesamaan fisik, namun pastilah terdapat kesamaan- kesamaan lain yang membuat Anda dan kekasih bisa saling jatuh cinta. Karena, dalam kehidupan sehari-hari, pasangan yang memiliki minat, kepribadian atau sifat yang sama lebih banyak kita temui daripada yang memiliki kemiripan wajah.


Jika Anda adalah seorang yang gemar membaca buku dan memiliki pengetahuan yang luas contohnya, Anda akan cinderung menyukai laki-laki yang gemar membaca buku juga.


Pasalnya, Anda dan laki-laki tersebut akan mempunyai pemikiran yang sama dan bisa saling mengimbangi satu sama lain. Jadi, kemiripan wajah tetap bukan jaminan mutlak bahwa dia adalah jodoh Anda.


Bagaimana? Masih mencari-cari orang yang memiliki kesamaan wajah dengan kamu? Menerka-nerka jodohmu? Mencari-cari jodohmu di antara sahabatmu? Dunia ini begitu luas. Perbaiki dirimu, perbanyaklah teman, dan teruslah meminta padaNya, jodoh terbaik menurut pilihanNya. Semoga kita semua diberikan jodoh yang mampu menjadi sahabat kita hingga akhirat kelak. Aamiin

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget