Pages

04 February, 2017

Kuliner cirebon

Saat ke Cirebon lalu, kulineran yang saya coba adalah tahu gejrot, nasi lengko, empal gentong, dan nasi jamblang. Tahu gejrotnya khas sekali, enak. Nasi lengko itu nasi putih yang ditaburi daun kucai, pakai tempe goreng, mie, kecap dan sambal. Nasi jamblang adalah nasi putih yang dibungkus di daun (seperti daun jati muda), lalu lauknya bebas pilih, berbentuk sate seperti angkringan. Empal gentong itu seperti soto daging santan jakarta hanya berbeda di taburan daun kucai.

Sepertinya kuliner khas Cirebon banyak pakai daun kucai ya?

Di antara itu semua, yang paling enak menurut saya adalah empal gentong. Tuh, saya foto tempatnya. Cobain deh!
Kalau nasi jamblangnya saya sih biasa saja. Tidak ada rasa yang khas, hanya kemasan dalam daun saja yang menarik.

Selebihnya yang difoto adalah ikan bakar hasil balong sendiri, sayur cabe (tapi lebih dominasi isi tahu, sehingga bagi saya seperti sayur tahu haha)dan ayam hasil ternak sendiri.

Masya Allah yaa, rakyat pedesaan jauh lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebenarnya kita yang rakyat perkotaan jauh lebuh rentan bila rakyat pedesaan tak mau membagi/menjual hasil sawah, kebun dan peternakannya.

Terima kasih untuk para pejuang yang menghadirkan nasi, sayur, dan lauknya untuk kami.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget