Pages

09 July, 2017

[Review buku] Fun Teaching

Judul: Fun Teaching
Penulis: Imam Maliki Ralibi
Penerbit; Duha Khazanah
Dimensi: 112 hlm,16 x 18 cm, cetakan pertama Maret 2008
ISBN: 978 979 1031 271

Buku berisikan metode Quantum Teaching yang dikemas dengan bahasa yang mengalir ringan. Terdiri atas 4 bab, di mana bab 1 berisi tentang alasan mengapa harus fun teaching (selanjutnya kita sebut FT) dan apa saja hal menarik yang bisa dihasilkan oleh FT.

Bab 2 berisi tentang menjadikan belajar semakin asyik dengan aplikasi bermain, bercerita, bernyanyi, humor, dan tebakan. Bab 3 berisi tentang kiat sukses menaklukkan murid yakni dengan be in the moment, confident, your body is your facility, creative dan unique. Bab 4 membahas cara menembus batas, dua hal yang dilakukan sang penulis sebagai contoh yakni "Dakustik" atau dakwah melalui musik/akustik dan "Goligraf" atau Logo Kaligrafi yang sesuau tren sehingga bisa menembus audiens/siswa.

Meski ada beberapa typo dan sebenarnya hampir semua yang ditunjukkan penulis sudah saya terapkan, sehingga tak ada hal baru, buku ini tetap asyik untuk dibaca. Refresh bagi para guru yang mungkin terjebak rutinitas atau terkungkung sistem. Semoga bisa tetap have fun teaching yaa!

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

"Kerja keras dunia pendidikan adalah mengarahkan para pendidik/guru untuk bersungguh-sungguh memanfaatkan dan mempotensikan apa yang ada pada diri mereka. Your body is your facility." (H.11)

"Seseorang yang senang bekerja, maka ia tidak sedang bekerja, dan seseorang yang senang dalam belajar sesungguhnya ia tidak sedang belajar." (H.16)

"Seorang dikatakan pemimpin jika ia telah mampu menciptakan pemimpin baru. Mantan ketua yang bangga bila generasi setelahnya tidak lebih baik dari mereka telah membuktikan bahwa mereka gagal melakukan regenerasi/proses duplikasi." (H.21)

"Nyalakan kembali kreativitas Anda dengan banyak membaca, menggemari seni, menyulut inspirasi dengan games dan humor, mengembara, dan bergabung dengan orang-orang yang memiliki jiwa kreatif." (H.92)

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik