Pages

06 July, 2017

Manfaat STIFIn

"Buat apa sih tahu STIFIn kita, Met?"

Banyak sih manfaatnya kalau menurutku. Dengan mengetahui mesin kecerdasan kita, kita jadi tahu apa kelemahan dan kelebihan kita, apa yang harus kita waspadai dan apa yang menjadi tolok ukur kita berhasil mengoptimalkan mesin kecerdasan kita.

Dengan memahami diri sendiri, kita bisa memahami diri orang lain sebagaimana kita ingin dipahami. Kita tahu kalau dia belum terolah maka waspadai kelemahannya, beritahu potensi besarnya. Menghadapi saat konflik, belajar, mengajat, cinta, dll. Itu pun aku masih belajar kulitnya saja, belum mendalam. Sejauh ini saya mengaplikasikan STIFIn cukup membantu dalam keseharian.

Ibaratnya kalau sudah tahu STIFIn seseorang itu, kita bisa memberi perlakuan yang tepat pada orang tersebut sesuai fitrahnya. Kayak paket yang dikirim via kurir, diberi label jadi kita tahu mudah pecah, tidak boleh digoyang, atau apa.

Kalau kamu belum merasakan manfaatnya, mungkin kamu belum mempelajari dan mengaplikasikan. Sebab semua ilmu itu hanya akan bermanfaat bila kamu amalkan. Bukan promosi, cuma share aja apa yang saya rasakan sejak mendalami STIFIn karena tuntutan pekerjaan. Dibanding tes psikokogi sebelumnya yang saya pelajari, STIFIn yang paling saya pahami karena saya mempraktikkannya langsung. Learning by doing, observing.

Salah satunya contoh berhadapan dengan T saat konflik, jangan pernah berharap dia minta maaf. Kata "Maaf" itu adalah hal terhebat yang bisa keluar dari T, sebab gengsinya tinggi, apalagi lelaki. Dia lebih memilih membayar dengan uang yang banyak atau lainnya dibanding disuruh meminta maaf. Tapi, tetap saja kalau ada kesalahpahaman, bicarakan dengan baik, sebab T tidak peka akan perasaan orang lain (itu kelemahannya), dingin, dan selalu menilai orang dengan objektif tapi kebanyakan dari segi negatif karena harus sesuai teori, dia menjaga kualitas.

Belajar juga saat menerangkan sesuatu pada orang S, misalnya rute, jangan hanya menggunakan jari yang menggambar di udara kosong. Dia orang konkrit, harus ada sarana, bisa dengan visual gambar pakai kertas dan pulpen, peta, atau peraga yang ada di sekitar, misal sendok, garpu sebagai patokan lokasi yang diingatnya.

Begitulah, sekilas tentang manfaat STIFIn dalam keseharianku. Jadi, kalau kamu merasa masih belum berguna tes STIFInnya, mungkin kamu perlu lebih banyak membaca, bertanya pada orang yang tepat dan banyak mengamati.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik