Pages

24 July, 2016

#tipsnulismeta1

"Met, bagaimana caranya biar bisa menulis?"

Sebenarnya aku sendiri belum jadi penulis bila indikatornya menerbitkan buku di penerbit mayor apalagi best seller. Tapi berbagi pengalaman aja yaa...

Hal yang harus dilakukan untuk jadi penulis:
1. Baca, baca, baca
Baca apa saja. Baca kamus dan tesaurus apalagi. Untuk memperbanyak kosakatamu. Baca terjemahan Al quran lebih oke, sebab metafora dan analoginya bisa melahirkan banyak ide.
2. Tulis, tulis, tulis
Memang ada banyak tingkatan penulis. Tapi untuk pemula baiknya perbanyak kuantitas, sembari perlahan memperbaiki kualitas. Aku sendiri masih memasang target #1hari1tulisan minimal 1 kalimat dengan update di medsos. Dari 2009-2016 ini perkembangannya cukuplah, meski harusnya sih udah jadi beberapa novel

Apa saja hal yang menarik dan mudah untuk ditulis:
1. Hal menarik yang kamu alami dalam keseharian
2. Hal yang membuatmu gelisah/takut dan ingin dicurhatkan
3. Hal yang tidak berani kamu ungkapkan secara lisan
4. Hal yang amat kamu dambakan

Paling penting adalah semua diawali NIAT, KONSISTENSI, dan DISIPLIN. Bagusnya lagi kamu sudah temukan mau menjadi penulis yang seperti apa. Jangan kayak aku, masih galau. Mau menulis islami, metropop, satir, inspirasi, tapi ilmunya belum meyakinkan. Tenang saja, semua penulis memiliki proses kreatif  dan waktu yang berbeda. Insyaa Allah kamu akan temukan sendiri proses kreatifmu selama kamu menjalani dengan disiplin. Yang penting tetap SEMANGAT MENULIS, MENULISKAN SEMANGAT.

*Dari gambar ini, coba latihan buat tulisan minimal 3 kalimat! #tantanganmeta

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik