Pages

23 July, 2016

Hari anak nasional

Saat saya gabung jumsih di SD sebagai perwakilan SMP, anak-anak menghampiri dan memeluk saya sembari berkata,

"Bu Meta... kangen."

"Iya, Bu... kangen. Mau main sama Ibu lagi."

"Yaudah, nanti main sama Ibu habis jumsih ya. Kakak kelas 1 SMPnya olahraga, jadi ibu tidak mengajar di kelas."

"Lagi kenapa atuh Ibu ngajar kelas 1 SMP? Loncatnya jauh amat dari kelas 2 SD."

"Ibu pintar banget ya? Makanya Bu pura-pura gak pintar aja, biar ibu ngajar kita di kelas 3."

"Laah... Ibu gak pintar kok. Hafalannya aja masih hebatan kalian."

Lalu waktu jumsih selesai, anak-anak harus masuk kelas.

"Ibu, kita pisah dulu ya. Nanti aku samper Ibu main cing jongkok ya. Aku kangen Ibu."

"Iyaa..."

Dan sejam kemudian saya menunaikan janji itu. Hampir satu kelas yang saya ajar ikut bermain hingga waktu istirahat habis. Kami merasa waktu berlalu begitu cepat. Rindu ini belum luruh sepenuhnya. Kelas baru masih terasa asing bagi saya dan anak-anak.

"Ibu, aku kemarin gak nyadar tahu-tahu udah di depan kelas 2 khalid. Aku lupa kalau aku udah kelas 3 dan gurunya beda. Aku kangen banget sama Ibu."

Apalagi Ibu, Nak... percayalah, ini juga berat bagi Ibu.

"Yaudah, tiap jumat kita main ya, Bu. Pas snack time, kan kakak kelas 1 SMPnya olahraga jadi Ibu enggak ngajar."

"Insyaa Allah."

Hari ini adalah Hari Anak Nasional, 23 Juli. Sungguh saya begitu merindu dunia anak-anak. Meski saya belum punya anak, anak didik bagaikan anak saya sendiri. Ada porsi dan ruang dalam hati mereka yang disediakan untuk gurunya. Sayangilah anak-anak, meski meletihkan saat ini, nanti kalian akan merindui saat-saat ketika mereka menggelendotimu dan mengikutimu ke mana pun kamu pergi. Percayalah selalu bahwa setiap anak itu hebat meskipun nilai rapor mereka anjlok semua. Mereka pasti punya nilai lebih dalam hal selain pelajaran. Kesalihan mereka adalah buah doa dan didikan kita.

Seyogyanya saya berdoa untuk semua yang pernah saya ajari, "Rabbi habli minasshaalihiin."

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget