Pages

24 July, 2016

Ekspedisi gunung gede

18 Juli 2016

-Latihan fisik 1 set = 5
-materi pengetahuan medan: kami akan menempuh rute cibodas-gunung gede dengan waktu tempuh sekitar 8 jam.
Materi hipotermia: ada 2 tipe yaitu diam atau ceracau. Tipe diam sangat berbahaya. Sedangkan untuk tipe ceracau, bila terjadi harus diantisipasi dengan mengunyah coklat, pakai jaket saat malam saja dan sebelum mendaki sebaiknya tak usah dipakai agar saat dipakai nanti tidak dingin terkena embun malam. Cara mengatasinya harus dipeluk, diganti bajunya dengan yang kering dan minum air hangat.
Materi manajemen perjalanan: di grup kecil posisi depan adalah yang butuh perhatian dan belakang yang paham medan. Grup besar posisi depan adalah yang paham medan dan butuh perhatian, belakang yang paham medan.

19 Juli
- Latihan fisik 1 set=7
-Materi istinja: pakai batu dengan jumlah ganjil minimal 3. Pakai daun, cari yang tidak berduri dan berbulu. Untuk lokasi jangan di rute jalan, agak jauh dan digali dulu tanahnya, tutup pakai sarung, dan timbun jika sudah selesai.
Tayamum: memakai debu atau tanah. Caranya niat, tepukkan kedua telapak tangan ke debu/tanah, lalu tiup sekali, usap muka lalu usap punggung tangan baru telapak tangan, selesai.

21 juli
-Latihan fisik 1 set 7
-Materi packing: Prinsipnya yang jarang dipakai di bawah, yang sering dipakai di atas. Paling bawah menuju atas urutannya sleeping bag, lalu baju ganti, alat masak (dalam mistingnya masukkan beras), air, terpal/trash bag, dan matras. Posisi tas nagian bawahnya harus di atas bokong. Wajib membuat peta carier untuk memudahkan temannya memberi pertolongan jika kita terkena musibah.

22 juli
-Latihan fisik 1 set=8
-Materi memasak: siapkan kaleng bekas pocari/susu, dibelah dua dengan ukuran lebih pendek lalu disatukan dan dibolongi tengah serta pinggirnya, lalu diberi spirtus. Kalau tidak mau ribet, belah satu terus dialingi 3 kaleng lain agar api tak terkena angin. Lebih bagusnya lagi gali tanah sedikit, jadi menghalangi angin. Lalu taruh panci di atasnya dan siap memasak!

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik