Pages

05 November, 2015

[Mentoring] Mengapa harus 1 juz tiap hari?

MENGAPA HARUS 1 JUZ TIAP HARI?
Minggu, 1 Nov 2015
Bu Evi

Dalam buku Risalah pergerakan dituliskan, "Hendaklah kamu melakukan wirid dan membaca Al Quran 1 juz sebelum subuh. Dan usahakan khatam tidak lebih dari 1 bulan."

Al Quran sebagai pembekalan bagi ruh, fikriyah dan pedoman. Bila tidak dipenuhi oleh Al Quran, maka ruh dan fikriyah kita akan dibekali oleh non Allah. Misalnya TV, facebook, dan lainnya yang membuat ruh dan keyakinan semakin lemah. Lalu berdampak kepada melemahnya semangat amal saleh seperti halaqah, dll. Terputus sepekan, bahkan berbulan-bulan, kemudian lama-lama hilang. Walaupun bukan harga mati, orang yang halaqah pasti baik dan di luar halaqah tidak baik.

Siapa pun di luar halaqah bisa One Day One Juz. Lalu bagaimana dengan kita yang halaqah? Semestinya hal ini adalah sebuah kebiasaan bagi kita. Bahkan Imam Hasan Al Banna menjadikan One Day One Juz sebelum subuh sebagai salah satu wasiatnya. Tegakkan Islam di hati kita, sebelum Islam tegak di muka bumi!

Berikut beberapa kiat agar mudah melakukan tilawah satu hari satu juz:
a. Berusaha melancarkan tilawah. Normalnya butuh 30-40 menit untuk menuntaskan 1 juz. Bila terlalu lama, kemungkinan kita akan bosan, maka lancarkanlah bacaanmu.
b. Aturlah dalam suatu halaqah sebuah kesepakatan bersama. Misal yang belum kholas, tidak boleh pulang, ketimbang iqob (hukuman) yang menggampangkan.
c. Cari tempat dan waktu yang kondusif untuk tilawah.
d. Sering-seringlah meminta pengajuan/doa pada Allah agar dimudahkan menyelesaikan 1 juz 1 hari.
e. Perbanyak amal saleh. Sebab amal saleh akan memberi energi lebih untuk amal saleh baru lainnya. Seperti kata Ibnu Qayyim Jauziyah, "Ketika satu pintu kebaikan dibuka, terbukalah pintu kebaikan yang lainnya. Begitu pula ketika satu pintu kemaksiatan dibuka, maka terbukalah pintu kemaksiatan lainnya."

*catatan sepemahaman penulis

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik