Pages

31 July, 2015

Kehilangan dan baik-baik saja

Kehilangan, membuat kita memahami selangkah lebih maju tentang arti memiliki. Entah itu kehilangan orang yang kamu sayangi, uang, handphone atau lainnya. Meski kerap kamu selalu merasa hal itu tidak selayaknya terjadi padamu, kala kehilangan menyapa, tapi kamu perlahan belajar dari kehilangan untuk menjadi baik-baik saja.

Meski kamu tahu bahwa setiap orang pernah merasakan kehilangan, itu tidak akan pernah membuatmu merasa baik-baik saja. Penyangkalan itu tetap ada. Manusiawi. Tetap saja pedih di awal, bahkan seringkali kita menyalahkan diri sendiri akibat kelalaian kita yang menyebabkan kehilangan. Maka proses menjadi baik-baik saja setelah kehilangan adalah proses yang panjang, butuh waktu lama, dan latihan terus-menerus hingga kita tak sadar bahwa hati kita sudah sedikit lebih lapang dalam menyikapinya. Meski luka itu masih menganga, tapi tidak lagi bernanah.

Ini yang sering saya rasakan dalam menyikapi kehilangan bapak saya yang meninggal hampir 14 tahun lalu. Sering pada beberapa momen yang seharusnya dilakukan oleh peran bapak kepada putrinya, membuat saya kembali menangis. Bertanya mengapa saya begitu cepat mengalami kehilangan bapak. Semakin bertambah usia, momen itu semakin banyak. Seperti luka yang terbuka kembali dan terciprat air laut. Pedihnya terasa baru. Yang saya tahu, ternyata terkadang waktu tak berhasil menyembuhkannya.

Itulah kehilangan yang paling sulit saya atasi hingga hari ini. Kehilangan yang disebabkan kematian. Namun, dari sana saya belajar banyak... untuk menghargai dan menunjukkan rasa cinta yang besar pada orang yang saya sayangi. Bahkan terkadang terkesan lebay. Tak mengapa. Sebab hidup ini hanya sekali. Esok selalu menjadi misteri, apakah kita akan diberi waktu lagi. Hal yang saya tidak ingin sesali, adalah bila saya kehabisan kesempatan dan waktu untuk memberitahu orang yang saya sayangi, bahwa saya begitu menyayanginya. Jadi, jangan sampai kamu lupa menyatakan cintamu hari ini. Pada semua yang kamu sayangi.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget