Pages

06 February, 2014

Seberapa besar sih kontribusi kita?

Pernah ga memikirkan, selama hidup kita ini seberapa besar kontribusi kita terhadap kehidupan itu sendiri?

Dimulai dari keluarga, seberapa besar andil kita di dalamnya? Sudahkah kita menjadi sosok terbaik dalam peran kita di sana? Entah sebagai kepala keluarga, orang tua, anak dan lainnya. Dari karir, seberapa besar kontribusi yang telah kita berikan? Apakah kuantitas kita banyak namun tak berkualitas? Atau berkualitas namun kuantitasnya sedikit? Sama saja berarti, kita masih kurang. Di sisi komunitas/masyarakat, seberapa besar potensi kita berperan. Sudahkah kita menjadi agent of change? Pembaharu, pelopor, teladan dan proaktif dalam hal positif?

Bagaimana? Sudahkah kalian menganalisa SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, & Threat) diri kalian sendiri? Malukah bila ternyata kalian mendapati fakta bahwa selama ini kalian hanya menjadi benalu atau beban. Tidak ada kontribusi yang progresif atau dengan bahasa mudahnya, "Kalian gak penting. Ada tidak ada kalian, dunia tidak terpengaruh. Seperti kerikil saja, tidak ada yang menyadari keberadaannya karena tidak ada kontribusi besar sebongkah kerikil di tepi jalan raya."

Nah, daripada menceracau gak jelas, coba kita renungkan diri ini. Seberapa besar kontribusi yang telah kita berikan bagi keluarga, masyarakat, lingkungan, pekerjaan, agama hingga hubungan seperti persahabatan, cinta, dan lainnya.

Selamat bermuhasabah!

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget