Pages

27 April, 2017

[Review buku] Happy little soul

Judul: Happy little soul
Penulis: @retnohening
Penerbit: Gagas Media
Dimensi: xiv + 202 hlm, 13 x 19 cm, cetakan perkedua 2017
ISBN: 978 979 780 886 0

Saya tertular teman saya yang suka sekali mengikuti IG ibook @retnohening. Awalnya bingung, mengapa teman saya suka banget sama anak bernama Kirana ini. Diperlihatkan pun saya masih cuek saja. Tapi suatu ketika di saat jeda rapat, saya bosan dan iseng lah manfaatin wifi untuk kepo dari awalan video kirana.

Dari sanalah saya jatuh hati. Sebab saya ikuti alurnya. Betapa ajaib perkembangan seorang anak bernama Mayesa Hafsah Kirana. Lalu saya langsung membayangkan betapa hebat ibooknya. Bukankah begitu, setiap kehebatan anak adalah hasil jerih payah orangtua hebat? Tapi tetap saya tidak follow ibook sebab saya tak suka keramaian/ketenaran baik di dunia nyata ataupun sosial hehe

Nah, ternyata banyak yang ingin dengar kisah ibook dalam mendidik kirana. Hal itu dijawab dalam buku ini. Ibook menjelaskan dari awal hamil Kirana, apa saja yang ibook lakukan saat mengasuh Kirana, permainan apa yang dilakukan ibook dan Kirana di tiap fase, resep makanan yang suka dibuat bersama Kirana, latar gaya mendidik ibook berdasarkan multiple intelligence dan 7 habits, dan foto-foto Kirana.

Hebat ibook! Padahal ibook tak pernah mimpi menulis buku, tapi kesederhanaan dan cinta tulus ibook untuk Kirana membuat ibook mencapai sebuah mimpi yang banyak orang mau tapi tidak semua mampu. Buku ini bukanlah buku parenting, saya membacanya seperti IG atau diary ibook saja. Tapi lebih terasa hatinya.

Pilihan katanya mengalir dengan gaya ibook dan Kirana yang bisa saya bayangkan persis di IG. Meski di beberapa part terasa pengulangan. Maka saran saya, lihat dulu video di IG ibook baru baca buku ini biar lebih asyik. Tampilan bukunya pun saya suka. Ilustrasi Kirananya bagus dan full colour.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

"Untuk semua ibu dan calon ibu, yakinlah ketika Allah memberikan kepercayaan dan menitipkan anak kepada kita, Ia pasti juga memberikan kemampuan untuk kita membesarkan dan mengasuhnya. Kita hanya perlu yakin dan percaya." (H.vii)

"Menjadi guru hebat, yang terpenting adalah menjadi contoh yang baik." (H.27)

"Jelas saya akan selalu mencintai anak saya. Namun, untuk SELALU JATUH CINTA itu beda perkara. Untuk selalu jatuh cinta pada Kirana, saya merasa harus membangun hubungan yang baik dan manis." (H.32)

"Ketika menjanjikan sesuatu ke Kirana harus ditepati, tidak boleh ada janji-janji palsu atau PHP. Apa yang dijanjikan harus dilaksanakan atau tidak usah mengiming-imingi sama sekali. Dengan begitu, rasa percaya Kirana ke orangtuanya akan tumbuh." (H.86)

"Children don't need more things. The best toys a child can have is a parent who gets down on the floor and plays with them." (H.87)

"Dengan ikut bermain bersama, saya berkesempatan mengajarkan banyak hal.
Kapan lagi kembali menikmati masa anak-anak di usia yang tak lagi anak-anak kalau bukan ikut bermain bersama anak?" (H.92)

"Membiasakan melakukan kebiasaan baik pada anak harus konsisten karena terkadang, pekerjaan itu sangat melelahkan dan menguji kesabaran. Belum lagi ketika anak tidak merespons usaha kita sesuai harapan. Namun, perlu diingat, menanamkan kebiasaan baik ini bermanfaat untuk nuraninya kelak. Jangan menyerah hanya dengan sekali-dua kali percobaan." (H.158)

"Kita harus kuat menjalani peran itu. Bagaimana pun, anak akan kuat jika ibunya kuat." (H.167)

"Hampir setiap hari, sebagai ibu ada saja kesalahan. Merasa bersalah karena melakukan kesalahan adalah sebuah tanda yang baik. Berarti kita tahu bagaimana nantinya memperbaiki diri dan pola asuh, berusaha menjadi lebih baik setiap harinya." (H.181)

"Jika ibu bahagia maka seisi rumah akan bahagia." (H.190)

"Menjadi ibu adalah tentang jatuh cinta setiap hari kepada anak dan suami, tentang belajar bersabar tiada henti, dan tentang menguji keikhlasan yang dimiliki. Kita bisa menemukan kekuatan yang tak sangka dimiliki, dan melakukan segala sesuatu yang rasanya tak mungkin dikerjakan, tetapi akhirnya bisa dilalui." (H.193)

Meta morfillah

1 comment:

  1. Hallo kakak Meta, review buku nya bagus. Ngomong2 soal Buku Happy Little Soul , buku ini lagi booming banget di kalangan emak2 dan calon emak2.

    ReplyDelete

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik