Pages

16 December, 2016

[Review buku] The black cat

Judul: The black cat
Penulis: Edgar Allan Poe
Penerbit: Noura books
Dimensi: 383 hlm, cetakan ketiga agustus 2016
ISBN: 978 602 385 053 2

Buku ini berisi 13 cerpen dengan dua kategori: kisah-kisah horor dan kisah-kisah detektif. Delapan kisah horor yang terdapat di buku ini jujur saja agak membingungkan saya. Tapi khusus cerpen "Kucing hitam" yang menjadi judul utama memang membuat bulu kuduk merinding meski baca ulang scanning. Twistnya mirip salah satu adegan di mini series alfred hitckok yang hitam putih itu. Menggelikan, tapi tetap mendebarkan untuk dipecahkan.

Sedangkan tiga kisah detektif berisi tentang tokoh utama bernama Chevalier C. Auguste Dupin. Dupin mengingatkan saya pada Arsene Lupin tokoh detektif karangan Maurice Le Blanc. Sehingga membuat saya bertanya apakah kemiripan ini karena mereka sama-sama berasal dari Prancis? Siapakah yang lebih dulu terkenal di dunia detektif? Sebab tahun kejadian di sini disamarkan 18--. Sungguh mirip. Atau memang tahun itu sedang zamannya fiksi detektif di Prancis ya? Kasusnya hanya tiga, tapi cukup panjang menganalisis berita korannya. Hanya pada kasus ketiga sedari awal saya sudah bisa menebak dengan benar sebab sering terjadi di kasus Sherlock Holmes dan Conan.

Bahasanya cukup menjelimet dan banyak ungkapan atau kalimat Prancis yang tidak dijelaskan arti atau maknanya. Sebaiknya sih diberi foot note agar pembaca awam paham maksudnya.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

"Sebagian besar kebenaran muncul dari hal-hal yang kurang penting." (H.312)

"Jika diajukan dengan terampil, pertanyaan tidak akan gagal memancing informasi tentang hal-hal tertentu, dari berbagai pihak yang mungkin bahkan tidak menyadari bahwa mereka memiliki informasi tersebut." (H.340)

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik