Pages

11 February, 2015

[Review buku] Of mice and men

Judul: Of mice and men
Penulis: John Steinbeck
Penerbit: Selasar
Dimensi: vi + 147 hlm, cetakan pertama, september 2011
ISBN: 978 979 25 9413 3

Novel ini menceritakan tentang persahabatan antara dua manusia. Lenni Small, yang bertubuh besar, bertenaga kuat, tapi begitu bodoh. George Milton, bertubuh kecil, cerdas, dan selalu mengarahkan--tepatnya mengatur--hidup dia dan Lenni.

Berlatar belakang tahun 1930an, novel ini mengangkat cerita kehidupan dua sahabat tersebut yang bekerja sebagai sebuah buruh kasar di peternakan. George yang memiliki impian memiliki peternakan sendiri, menjadi pemimpin bagi dirinya dan Lenni.

Menarik sekali melihat watak tokoh dalam novel ini. Mencerminkan sisi manusiawi, yang kadang baik, kadang jahat. Bahkan, orang baik pun bisa menjadi jahat disebabkan keadaan yang mendukung. Itulah yang menimpa Lenni dan George. Dengan ending yang tak disangka, penulis seperti menciptakan tokoh villain bagi saya. Tokoh jahat yang dicintai, sebab ia jahat karena keadaan, bukan kemauannya. Juga perjalanan persahabatan yang mengharukan serta menyedihkan.

"Siapa pun bisa sinting kalau tak punya orang dekat. Tak peduli separah apa pun orangnya, asalkan ia selalu ada untukmu."

Kalimat olok-olok yang diucapkan Crooks, salah satu tokoh di novel ini, menegaskan bahwa penulis ingin menyampaikan betapa kuatnya kebutuhan manusia akan kawan. Meski pun penulis juga menekankan betapa kesepian ini akan alami tetap terpelihara dalam wujud dinding tinggi yang terbentuk dari sikap tidak manusiawi satu sama lain.

Saya memberi nilai 5 dari 5 bintang.

Meta morfillah

1 comment:

  1. Untuk kualitas terjemahan dari Penerbit Selasar ini bagaimana ya kak?

    ReplyDelete

Text Widget