Pages

30 August, 2023

[Review buku] The midnight library

Judul: The midnight library
Penulis: Matt Haig
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: 368 hlm, 20 cm, cetakan pertama 2020
ISBN: 9786020649320

Seringkali kita merasakan banyak penyesalan atas sebuah keputusan di hidup kita. Lalu membayangkan apa jadinya bila kita mengambil keputusan yang lain. Kehidupan seperti apa yang akan kita jalani?

Itulah yang terjadi pada Nora Seed yang menyerah akan hidupnya. Ia berada di ruang antara hidup dan mati. Dalam benaknya ruang itu berubah menjadi sebuah perpustakaan tengah malam dengan seorang pustakawati bernama Mrs. Elm. Buku-buku hijau yang berada di rak-rak itu adalah berbagai macam kemungkinan kehidupan yang akan ia jalani, jika mengambil keputusan yang berbeda dari kehidupannya saat ini.

Dan itulah hak istimewanya selama berada di perpustakaan tengah malam. Ia bebas mencicipi semua kemungkinan kehidupan dalam buku itu. Hingga akhirnya ia harus memutuskan mana kehidupan yang benar-benar ia inginkan.

Jika dibuat film, ini macam multiverse ala marvels. Membacanya mengingatkan saya pada buku yang membuat kita memilih pilihan A, B, atau C, dan tiap pilihan mengarahkan kita ke halaman berbeda. Dulu saya pernah punya buku seperti itu, dan mencoba menamatkan dengan semua keputusan berbeda, hingga saya catat langkah pilihan saya agar tidak ada ending yang berulang. Seseru dan sedalam itu maknanya bagi hidup kita yang hanya sekali ini. Hanya saja di beberapa part sempat terasa membosankan dan antiklimaks. Oh dalam #novel ini juga ada isu L9BT.  

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #midnightlibrary

No comments:

Post a Comment

Text Widget