Pages

27 August, 2023

[Review buku] Kisah-kisah Pahlawan Nusantara


Judul: Kisah-kisah Pahlawan Nusantara
Penulis: @salimafillah 
Penerbit: @proumedia 
Dimensi: 398 hlm, Yogyakarta 2022
ISBN: 9786237490661

Kisah >30 pahlawan nusantara dari sudut pandang sejarah dan keislaman yang memukau bagi saya. Jujur saja, membaca sejarah itu selalu memusingkan bagi saya. Sebab harus hafal kronologi waktu, nama, dan peristiwa yang bahkan berkelindan di saat bersamaan. Ruwet. Namun, membaca #buku ini meski ruwet, membuat ingin terus menamatkannya. Ada alur yang menjelaskan sisi manusiawi tiap tokoh beserta konflik batin sebab budaya dan konteksnya.

Itulah kelebihan penulis bagi saya. Sejarah jadi asyik, bila dituturkan beliau.

Di antara tokoh yang paling saya suka adalah kisah tokoh ke-24: H. Agus Salim dan penutup 30: Buya Mohammad Natsir. Banyak belajar sekali tentang jadi orang cerdas, lantang, namun pandai bersiasat dan tak penuh dendam meski dizalimi.

Seandainya pelajaran sejarah diganti buku macam ini, tentu akan seru. Banyak sekali teks di buku pelajaran yang kadang tak sesuai. Begitulah, sejarah ditulis oleh pemenang. Maka, tuliskanlah sejarah kita sebenar-benarnya.

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

12 Desember 2022

Meta morfillah

#1hari1tulisan
#reviewbuku #resensibuku #bacabuku #sejarah #pahlawannusantara #salimafillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget