Pages

27 August, 2023

[Review buku] Seni bersikap bodo amat


Judul: Sebuah seni untuk bersikap bodo amat
Penulis: Mark Manson
Penerbit: Grasindo
Dimensi: vii + 247 hlm, cetakan IV November 2022
ISBN: 9786020528540

Isi buku ini tidak sebodo amat yang Anda ekspektasikan. Justru penulis mengajak Anda mempertanyakan lagi nilai-nilai hidup yang Anda pilih. Apakah sudah benar? Sehat? Lalu menentukan skala prioritas, barulah di sana kita bisa bersikap bodo amat.

Dari 9 bab yang tersaji, inti buku ini ada 5: Pertama, bertanggung jawab untuk semua hal yang terjadi dalam kehidupan Anda, entah itu salah siapa. Kedua, mengakui ketidakpedulian Anda dan pengolahan rasa ragu yang terus terjadi atas keyakinan diri Anda sendiri (Di bab ini, saya banyak tidak setuju. Sebab bagai menghancurkan nilai² yang sudah diyakini, bahkan meragukan segala jenis agama dan otak kita sendiri).

Selanjutnya tentang kegagalan dan kehendak untuk menemukan keslaahan Anda sendiri sehingga bisa diperbaiki. Keempat adalah penolakan, kemampuan untuk mengatakan/mendengar kata TIDAK, yg menentukan apa yg akan Anda terima atau tolak dalam kehidupan Anda. Terakhir, perenungan tentang kematian, sebagai satu²nya cara untuk membuat semua nilai kita tetap berada dalam sudut pandang yang tepat.

Menyelesaikan buku ini, kembali membuat saya terkagum dengan Islam. Semua sudah gamblang diterangkan Rasulullah. Bahwa orang yang cerdas adalah yang mengingat mati. Tentang nilai hidup, semua dirangkum dalam sifat/karakter mukmin, prioritas ada fiqih²nya. Jadi, B aja buat saya. Setidaknya, saya sudah tahu tentang apa yang membuat buku ini jadi best seller. Gaya penulisnya yang merangkai kata dengan storytelling kisah hidupnya dan beberapa tokoh, seperti menulis blog pribadinya. Dan tentu saja, pemilihan judul ya yang memikat.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

5 Mei 2023

Meta morfillah

#1hari1tulisan #reviewbuku #resensibuku #bacabuku #buku #selfimprovement #markmanson #senibersikapbodoamat

No comments:

Post a Comment

Text Widget