Pages

27 August, 2023

[Review buku] Buya Hamka


Judul: Buya Hamka
Penulis: @afuadi 
Penerbit: @falconpublishing
Dimensi: viii + 368 hlm, cetakan pertama April 2023
ISBN: 9786026714831

Cerita tentang Hamka, bukan baru pertama saya kenali. Biografinya pernah saya baca melalui karya anaknya, Irfan Hamka. Apalagi karya²nya, seperti Tenggelamnya kapal van der wijck. Itu merupakan salah satu buku favorit almarhum Bapak. Namun, dalam tinta Fuadi, tokoh Hamka begitu hidup dan manusiawi. Membacanya memang seperti larut ke dalam novel, padahal nyata. Mungkin salah satu sebabnya, penulis memahami latar lahir Hamka sebab beliau juga orang Minang.

Ragam situasi politik yang menyertai pun lebih memudahkan saya mengingat kurun peristiwa dibanding buku sejarah sekolah. Ada beberapa hal yang akhirnya saya pahami mengapa begini, mengapa begitu. Saat belajar IPS, saya gak ngerti². Membaca karya Pram sebagai lawannya pun, tak menjawab beberapa pertanyaan yang unik tentang situasi saat itu bagi mereka (PKI, Masyumi, PNI, atau nasakomnya Bung Karno).

Potret Hamka sebagai anak dari orangtuanya, anak bangsa, dan peran² serta karya²nya membuat kita memahami cukup utuh kepribadiannya.

Meski ada beberapa typo, terutama menjelang ending, tidak sampai mengganggu alur cerita.

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.
26 April 2023

Meta morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #buyahamka #hamka #novel #buku #bukuislami

No comments:

Post a Comment

Text Widget