Pages

27 August, 2023

[Review buku] Melangkah

Judul: Melangkah
Penulis: @js_khairen 
Penerbit: @grasindo_id 
Dimensi: 356 hlm, cetakan pertama Maret 2020
ISBN: 9786020523316

Kisah tentang dendam seorang bocah #Sumba yang mewujud nyata 20 tahun kemudian. Dalam bentuk konspirasi memadamkan listrik sepulau Jawa dan Bali, yang pada akhirnya digagalkan oleh 4 orang mahasiswa dari Kota Kembang. Arif, Aura, Siti, dan Ocha yang jago silat mendapatkan liburan mereka menjadi petualangan.

Awal membacanya seru banget. Saya suka latar masa lalunya Ranu Anapaku. Tapi saat dijalin dengan kisah 4 sekawan, malah terasa dipaksakan dan kurang nyambung. Bahkan pada tiap tokoh saya rasa kurang kuat karakternya. Penulis memang kuat di riset latar, saya terpukau akan gambaran tanah Sumba beserta budayanya. Namun untuk psikologi/konflik batin tiap tokoh terasa jauh sekali. Penulis seperti kurang memahami para tokohnya, jadi tidak terasa asyik.

Pun konflik utamanya, seperti kurang kuat dasarnya. Bahkan di akhir seperti ingin membangun plot twist bahwa ada invisible hand seperti jaringan iluminati (tangan besar yg lebih berkuasa) untuk memperpanjang kisag 4 sekawan. Bisa jadi ada sekuelnya.

Saya apresiasi 3 dari 5 bintang.

"Perasaan tidak tega adalah anugerah seban hanya beberapa orang yang memilikinya. Meski sifat itu bisa menjadi pisau bermata dua, paling tidak kita pernah menjadi manusia yang memikirkan orang lain." (H.220)

19 Maret 2023

Meta morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #fiksi #fiksiindonesia

No comments:

Post a Comment

Text Widget