Pages

28 August, 2023

[Review buku] Di tanah lada

Judul: Di Tanah Lada
Penulis: @ziggyzezsyazeoviennazabrizkie
Penerbit: @bukugpu
Dimensi: 244 hlm, cetakan pertama Agustus 2015
ISBN: 9786020318967

#Novel pemenang II DKJ ini memang menarik. Berkisah tentang isu keluarga, kekerasan pada anak/KDRT, dari sudut pandang bocah perempuan berusia 6 tahun (Ava) dan teman yang baru dikenalnya beberapa hari, bocah lelaki berusia 10 tahun (P). Cukup satir di negara fatherless ini, pernyataan "Papa selalu jahat." menunjukkan sisi penyalahgunaan kekuatan terhadap anggota keluarga yang lebih inferior. 

Menariknya, tokoh Ava ini selalu membawa KBBI pemberian kakeknya ke mana-mana. Sehingga gaya bicaranya serta pemikirannya cukup aneh bagi anak seusianya. Bertemu P membuatnya menjadi sedikit normal dan bahagia hingga membuatnya bertualang menuju Tanah Lada: Tanah yang menumbuhkan kebahagiaan. Mereka ingin terbang atau berenang dan bereinkarnasi hingga tak ada orang jahat dalam hidup mereka.

Hanya saja, menurut saya konflik yang terbangun kurang kuat hingga twist di ending mengenai siapa orangtua asli P. Meski aneh, justru daya tarik #buku ini ada dalam dialog kedua tokoh utamanya. Juga definisi tiap kata yang didapat dari kamus. Itu pun salah satu isu tentang kebanggaan berbahasa indonesia, dibanding bahasa asing. 

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #ditanahlada 

No comments:

Post a Comment

Text Widget