Pages

29 August, 2023

[Review buku] Orang-orang biasa

Judul: Orang-orang biasa
Penulis: @hirataandrea 
Penerbit: @bentangpustaka 
Dimensi: xii + 300 hlm, 20.5 cm, cetakan pertama Februari 2019
ISBN: 9786022915249

Berawal dari kekecewaan terhadap sistem negeri sendiri, yakni kegagalan mengantarkan siswi pintar daerahnya untuk masuk Fakultas Kedokteran di Universitas Bengkulu, penulis membuat tragedi menjadi fiksi komedi.

Terasa sekali ironi² dalam tiap percakapan tokoh²nya. Berbeda dengan gaya bahasa di Laskar Pelangi yang bijak dan netral. Dalam buku ini, saya merasakan kekesalan penulis dalam mempertahankan nilai baik, idealisme, dan utopia di negeri yang terasa distopia ini. Seperti tokoh Inspektur Abdul Rojali.

Berkisah tentang 10 kawan yang terbelakang secara IQ dan perekonomian, berpadu ingin merampok bank demi mewujudkan cita² anak dari salah satu anggotanya, yang diterima di Fakultas Kedokteran kota seberang, namun tak mampu membayar biaya pendaftaran.

Namun, menjadi penjahat tak semudah itu bagi mereka yang dasar hatinya baik. Konflik pun baru dimulai setelah setengah buku terbaca. Di awal masih merupakan pengenalan tokoh dan penguatan latar serta motif.

Jujur, ini buku terseru penulis. Bikin ngakak terus, tapi miris juga. Sebab ya, sindiran sebenarnya. Cocok dibaca bagi yang penat dan ingin santai.

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

"Fiksi, bukan sekadar mengadakan yang tidak ada, fiksi adalah cara berpikir."

"Mereka yang ingin belajar, tak bisa diusir."

"Kesempurnaan memaknai hidup manusia, ketidaksempurnaan melengkapinya." (H.3)

10 Mei 2023

Meta morfillah

#1hari1tulisan #reviewbuku #resensibuku #bacabuku #buku #novel #andreahirata #ordinarypeople

No comments:

Post a Comment

Text Widget