Pages

01 September, 2023

[Review buku] Cinta terakhir Baba Dunja


Judul: Cinta terakhir Baba Dunja
Penulis: Alina Bronsky
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: 160 hlm, 20 cm, cetakan pertama 2020
ISBN: 9786020648224

Bagaimana rasanya hidup di desa yang dianggap zona kematian akibat kecelakaan reaktor nuklir tahun 1986? Di mana dirimu bahkan jika kau meninggal mayatmu sendiri akan memaparkan radiasi, hingga tak diterima di kota mana pun. Rumah² tak berpenghuni akibat evakuasi massal dan kau hanya dapat hidup dari kebunmu sendiri. Tentu saja semua hasil kebun itu pun sudah terpapar radiasi.

Namun, kau tetap mencintai kota itu dan memilih tetap di sana hingga ajal menjemput. Itulah pilihan Baba Dunja dan segelintir tetangganya. Mereka hanya ke kota Malyschi (kota terdekat) untuk belanja keperluan 2 pekan dan mengambil paket dengan menempuh perjalanan 2 km berjalan kaki, sebab halte bus terdekat ada di jarak itu. Tidak ada yang berani melangkah melebihi batas itu.

Awalnya semua terasa damai hingga datanglah seorang pria dan anak gadisnya yang masih sehat berencana menetap. Suatu hal yang jahat, menilik semua orang yang kembali ke kota Tschernowo itu adalah yang siap mati dan tidak memiliki harapan selain ketenangan. Lalu terjadilah insiden yang menyeret Baba Dunja ke penjara.

Endingnya Baba Dunja tetap memilih kembali ke desanya dengan tetangga yang tak mengusik serta roh² yang terbiasa ia lihat. Ia yang tak percaya Tuhan, pemerintah, atau siapa pun tetap mencintai tempat tinggalnya hingga akhir.

Sederhana. Konfliknya datar. Namun kekuatan #buku ini ada pada narasi dan deskripsinya. Jujur saja, saya sampai browsing kasus reaktor nuklir Cherobyl tahun 1986 dan baru tahu pulihnya kota itu untuk didiami lagi oleh makhluk hidup bisa sampai 3000 tahun. Pernah menonton di sebuah film, bagaimana penduduk kota yang memilih kembali dianggap bagai kuman menakutkan. Tapi tidak terbayang seperti apa perjuangan mereka hidup di kota mati. Hebatnya penulis, bisa menggugah hati dari sudut pandang Baba Dunja yang realistis dan jujur terhadap keadaannya sambil tetap menikmati apa pun yang terjadi. Oh dalam #novel ini juga ada isu L9BT.  Secara latar, sepertinya kebangsaan Baba Dunja Rusia, tapi kadang saya bingung soalnya irisan dengan Ukraina dan Belarusia. Yah, memang saya lemah di geografi, sih.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #cintaterakhirbabadunja

No comments:

Post a Comment

Text Widget