Pages

03 September, 2023

[Review buku] Buku latihan soal: Mantappu Jiwa


Judul: Buku latihan soal: MANTAPPU JIWA
Penulis: Jerome Polin Sijabat
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: 224 hlm, 20 cm, cetakan pertama 2019
ISBN: 9786020632421

Jujur aja aku gak begitu kenal siapa Jerome Polin. Cuma pernah dengar sekilas dari murid dia pintar MTK, kuliah di Jepang, pengin jadi Menteri Pendidikan. Tapi gak pernah lihat youtube/acara offlinenya. Tertarik baca #buku ini justru karena judul "buku latihan soal" namun di blurbnya bukan latihan soal sebagaimana biasanya. Jadi apa dong?

Nah, pas baca tetap aja ada ilustrasi soal dan jawabannya di buku kotak-kotak. Remind me of math banget, sih! Hahaha. Namun memang isinya lebih pada #kisah dia menggapai mimpi hingga sampai di titik saat ini. Bahwa semua itu gak semudah yang orang lain kira. Gak seenak dan sesantai yang dilihat di layar youtube.

Ya memang, banyak orang ingin terlibat dalam hasil tapi gak mau dalam proses. Meski banyak yang melihat enaknya, nyatanya antara keinginan dan kebutuhan #penulis pun gak selalu cocok. Bedanya, sebagai anak pendeta yang baik dan aktif melakukan pelayanan gereja, Jerome ini pandai melihat #makna di balik tiap #peristiwa #hidup yang ia alami. Meski dia masih muda. Contoh, mengapa ia tidak diterima di Tokyo University, tapi malah di Waseda? Tidak lain ya agar dia bisa bertemu wasedaboys dan mencapai titik hidupnya saat ini melalui konten youtube.

Dilengkapi ilustrasi dan kertas beda warna yang sesuai tone di cover, buku ini amat menarik. Font yang dimainkan juga sweet. Hanya memang di beberapa part apalagi bagi yang gak kenal penulis, ya bosan. Sebab beberapa konflik yang ditonjolkan memang mirip-mirip, hanya beda latar.

Namun saya jadi mengerti mengapa banyak anak muda suka penulis ini. Sebab dari tulisannya sendiri terasa dia begitu positive vibes, juga low profile. Semoga banyak yang termotivasi untuk bercita-cita setinggi Jerome dan bukan menyerah melihat keadaan negeri ini. Thank you, Jerome!

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #mantappu jiwa #jeromepolin

No comments:

Post a Comment

Text Widget