Pages

15 September, 2023

[Review buku] The dry (kemarau)


Judul: The Dry (Kemarau)
Penulis: Jane Harper
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: 440 hlm, 20 cm, cetakan pertama 2017
ISBN: 9786020376240 (pdf)

Tertarik baca buku ini sebab review dari salah satu @temanbacaibu dengan genre favorit saya novel misteri pembunuhan. Saat lihat² di ipusnas, alhamdulillah available. Jadilah saya baca dan tuntas dalam sehari. Sebab memang seseru itu.

Kisah diawali oleh kembalinya Aaron Falk, detektif polisi finansial ke tanah kelahirannya setelah 20 tahun berlalu. Itu pun diiringi peristiwa pahit mengenai keluarga sahabatnya yang mati ditembak (Luke Hadler, Karen, dan Billy). Bila bukan sebab surat ayah Luke, yang mengungkit rahasia kecil tentang kebohongan persaksiannya saat investigasi kematian Ellie Deacon, rasanya tak mungkin Aaron akan kembali ke Kiewarra. Kota pertanian kecil nan gersang yang telah mengusir ia dan ayahnya ke Melbourne, sebab menuduh mereka sebagai pembunuh Ellie.

Namun, cuti pendek itu menjadi kian panjang sebab ada banyak kejanggalan dalam kematian keluarga Luke. Bersama sersan Raco, Falk menelusuri lagi kisah 20 tahun lalu dan orang² yang terlibat, apakah berkaitan dengan pembunuhan terbaru.

Baru kali ini baca karya penulis Australia dan gambaran detail kota di benua itu. Ya yang umum saya tahu austraslia termasuk makmur, tapi nyatanya tidak. Memang detail deskripsi mendominasi, namun tidak membosankan sebab makin menguatkan karakter. Ditambah plot twist dan cuplikan flashback yang tak terduga, membuat saya terus ingin membacanya. Endingnya pun tak terduga, saat mindset diubah 180°. Meski sempat punya kecurigaan pelakunya, tapi penulis piawai memberi kemungkinan terbuka yang banyak.

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #thedry #janeharper

No comments:

Post a Comment

Text Widget