Pages

17 September, 2023

[Review buku] Lethal white


Judul: Lethal White
Penulis: Robert Galbraith
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: 704 hlm, 23 cm, cetakan pertama 2019
ISBN: 9786020631097

Ini adalah novel series keempat dari kisah Strike & Robin. Berawal dari kedatangan Billy, seorang pemuda dengan gangguan delusional parah yang bilang bahwa dia menyaksikan seorang anak mati dicekik saat dia masih kecil. Kejujuran dan kepolosan Billy membuat Strike ingin menolongnya. Namun ia menghilang.

Menelusuri jejak Billy, membuat Strike mendapatkan klien seorang perdana menteri dan rahasia di dalam keluarga mereka. Sementara itu dalam perkembangan hubungan pribadi Strike dan Robin, juga ada banyak ketegangan. Setahun menikah, tidak membawa bahagia malah stress pascatrauma yang dialami Robin. Begitu pun Strike dan Lorelei, ditambah kemunculan kembali Charlotte, cinta lamanya yang toxic.

Sejujurnya alur konflik cukup lama di buku ini. Penulis detail menggambarkan suasana dan motif untuk membangun cerita. Tapi bagi saya terlalu bertele². Baru menjelang akhir, konflik utama adalah ditemukannya sang klien, Chiswell dalam kematian tak wajar. Strike dan Robin berusaha keras membongkar alibi tiap orang yang memungkinkan. Kinvara, Raphael, Izzy, Jimmy, Flick, Billy, Winn, Della hingga pembunuhnya menjebak Robin dan hendak membunuhnya.

Seperti pola yang berulang. Banyak mengulang latar hubungan Robin dan Strike di buku ketiga dan juga situasi sama di mana lagi² Robin terancam. Lalu endingnya menggantung. Menariknya memang ada ilmu tentang kuda yang saya tahu dari sini, terutama sindrom lethal white.

Saya apresiasi 3 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #lethalwhite #robertgalbraith

No comments:

Post a Comment

Text Widget