Pages

30 September, 2023

[Review buku] Berani tidak disukai


Judul: Berani tidak disukai
Penulis: Ichiro Kishimi & Fumitake Koga
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: xxi+323 hlm, hardcover, cetakan pertama 2023
ISBN: 9786020667201

Buku self improvement ini didasari teori utama Alfred Adler, satu dari tiga psikolog terkemuka abad kesembilan belas selain Freud dan Jung. Dikemas dalam bentuk dialog seorang pemuda dan filsuf yang berumur, selama 5 pertemuan/malam.

Malam pertama berbicara banyak tentang menyangkal keberadaan trauma. Malam kedua berbicara tentang semua persoapan adalah tentang hubungan interpersonal. Malam ketiga berbicara tentang menyisihkan tugas-tugas orang lain. Malam keempat berbicara tentang pusat dunia yang bukanlah diri kita. Malam kelima dan merupakan akhir berbicara tentang hidup dengan sungguh-sungguh di sini pada saat ini. Semua itu berujung pada konklusi, hidup ini sederhana, kitalah yang membuatnya rumit. 

Jujur saja di awal perkenalan Adler, saya tidak tahu ada psikolog tersebut dan teorinya yang cukup berbeda di antara teori psikologi umumnya. Namun, pernyataan dari teori-teorinya memang banyak yang terasa benar kini. Hanya saja, perlu tenang dan fokus dalam menginterpretasikan bacaan ini. Jika tidak, mungkin akan lewat saja makna yang dimaksud dan bahkan terasa berputar-putar dan tidak konsisten. Di beberapa part saya merasakan seperti itu.

Meski begitu buku ini tetap bagus untuk perenungan dan memperbaiki beberapa mindset kita agar lebih bahagia. Sebab kunci dari teori ini adalah KEBERANIAN.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #beranitidakdisukai

No comments:

Post a Comment

Text Widget