Pages

04 October, 2023

[Review buku] Merawat & menumbuhkan FITRAH KEIMANAN


Judul: Menumbuhkan dan merawat FITRAH KEIMANAN
Penulis: Adriano Rusfi
Penerbit: Salamuda creative
Dimensi: xx+214 hlm, cetakan kedua Maret 2022
ISBN: 9786239677732

Buku ini sangat seru dibaca praktisi pendidikan seperti saya. Membuat kita refleksi tentang akar masalah pendidikan di negeri ini. Cukup terenyak ketika fenomena² yang diuraikan terasa benar. Mengapa banyak hafiz, akhlaknya tidak mencerminkan Quran? Mengapa banyak orang yang rajin shalat tapi tidak peduli sekitar bahkan merupakan pengedar?

Betapa banyak orang mengukur keimanan hanya dari sisi ritual seperti shalat dan jumlah hafalan, tapi tidak pada sisi spiritual yang bergetar hatinya saat nama Allah disebut, akhlaknya sebagaimana yang digambarkan dalam Al Quran bagai pohon yang kokoh, menghunjam dalam dan berbuah banyak.

Salah satu yang paling berkesan dari buku ini adalah jangan sampai berhalakan 3 hal yang akan mengikis keikhlasan kita: efektivitas, waktu, dan skala. Seringkali hal baik yang kita ajarkan tidak perlu efektif sebagaimana contoh penulis membuat 2 tempat sampah di rumahnya: organik dan nonorganik. Namun saat diangkut ke TPS, tukang sampahnya mencampurkan kedua sampah tersebut. Tidak efektif. Tapi penulis tetap memilah untuk mengajarkan pada anaknya. Begitu pula waktu, jangan pernah berharap buah pendidikan keimanan kita SEGERA terlihat hasilnya. Segi skala, bila belum bisa sampai skala regional atau global, minimal rumahmu saja dulu. Yang penting dimulai.

Beratnya kita saat ini adalah banyak orang lulusan pesantren/sekolah islam justru berpikir sekuler saking 'muntah' teori. Yang dididik kebanyakan otaknya, bukan hatinya. Padahal berbicara IMAN, adalah pendidikan HATI. Bicara tentang RASA.

Hanya sedikit kekurangan buku ini, secara alur ada yang agak lompat dan balik lagi. Sehingga membuat saya merasa ini belum tuntas, kok udah ganti, eh ternyata dibahas lagi tapi belum tuntas juga.

Saya apresiasi 4,5 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #fitrahkeimanan #pendidikanislami #pendidikan

No comments:

Post a Comment

Text Widget