Pages

11 October, 2023

[Review buku] Re-code your change DNA


Judul: Re-code your change DNA
Penulis: Rhenald Kasali
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Dimensi: xviii+270 hlm, cetakan kedua Februari 2007
ISBN: 9789792225792

Buku ini pernah saya baca di tahun 2010 saat menjadi mahasiswa, namun kurang membekas. Hanya beberapa teori yang saya ingat sebab terkait dengan tugas kuliah organisasi belajar. Namun, 2 pekan lalu saya memutuskan untuk re-read sebab butuh unlearn mindset saya, dan ternyata impactful.

Terlebih jeda 13 tahun setelah pembacaan pertama, saya mengalami beberapa situasi kerja yang tergambarkan di buku ini. Pertanyaan "Mengapa perubahan terasa sulit?" dijelaskan pada bagian pertama. Lalu "Apa penyebabnya?" dijelaskan pada bagian kedua mengenai Change DNA dan cara identifikasinya melalui kuesioner OCEAN. Diakhiri dengan mencari jawaban atas pertanyaan "Bagaimana caranya?" dijelaskan pada bab ketiga hingga keenam/akhir. Yakni melakukam re-code: individu, leader/pemimpin, organisasi, the critical mass (hal² kecil/few change agents), dan pikiran (hubungan antara atasan-bawahan).

Teori-teori dan ilustrasi yang disajikan cukup dimengerti, meski memang beberapa hal masih cukup njelimet bagi saya. Perlu pengendapan sebelum pelaksanaan. Namun, buku ini memang wajib dimiliki siapa pun yang memiliki jiwa leadership, tergerak untuk melakukan perubahan lebih baik, dan visioner. Tampilan kemasannya pun elegan. Dengan kertas glossy seperti majalah eksklusif dan juga hard cover membuatnya tidak membosankan, meski begitu padat isi dan ada beberapa typo.

Pesan utama buku ini adalah perubahan harus menyeluruh dan terintegrasi. Selama kita hanya membongkar satu aspek saja, maka perubahan belum akan memperoleh hasil seperti yang diharapkan. Kita harus mengubah cara kita memandang persoalan dan cara kita berpikir. (H. 259)

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #recodeyourchangedna #dna #leadership

No comments:

Post a Comment

Text Widget