Pages

15 October, 2014

10 JANGAN!

Beberapa minggu lalu, atasan saya mengirimkan artikel berbahasa inggris mengenai “Apa yang umumnya disesali orang-orang di usia 30-40 tahun saat menelaah kembali hidupnya?”
Ada 10 penyesalan, dan semuanya dimulai dengan kata “Jangan”. Kamu mau tahu, apa saja “10 Jangan” tersebut? Ini, saya intisarikan menurut pemahaman dan sudut pandang saya.
1.       JANGAN membeli benda!
Belilah pengalaman. Benda contohnya adalah rumah. Pengalaman adalah perjalanan. Pengalaman adalah cara memaknai segala materi yang kita miliki.
2.       JANGAN melakukan apa pun yang tak ingin kamu lakukan!
Ketika kamu berpikir masih memiliki banyak waktu untuk melakukan hal lain, dan memaksa mengerjakan hal yang tidak kamu inginkan, lalu semuanya terjadi. Waktu berlalu. Tiba-tiba saja kamu menyadari, bahwa kamu telah kehabisan waktu. Sebab waktu adalah hartamu yang paling berharga. Waktu adalah hidupmu. Tak dapat diputar ulang. Jadi, jangan habiskan waktumu dengan mengerjakan hal yang tidak kamu inginkan/cintai. Yang ada, kamu akan menjadi tidak ikhlas dan merasa kurang bermakna.
3.       JANGAN mencoba menyenangkan semua orang!
Tidak ada orang lain yang patut dicintai di dunia ini selain dirimu sendiri. Uang yang habis bisa kembali lagi atau kamu usahakan untuk mencarinya. Tetapi waktu yang kamu habiskan untuk berusaha menyenangkan orang lain, tidak mampu kamu kembalikan sedetik pun. Maka, cobalah untuk menyenangkan dirimu, sebab kamu tak akan pernah bisa menyenangkan semua orang. Kalau kamu memaksa, kamu akan gila.
4.       JANGAN jatuh cinta dengan orang yang mencintai orang lain!
Orang-orang seperti ini memang bagaikan magnet cinta. Menarikmu masuk ke dalam hidupnya, lalu ketika kamu menyadarinya, semua sudah terlambat. Kamu akan seperti berada dalam black hole, di mana tak seorang pun pernah terlihat berhasil keluar darinya, dan tak ada seorang pun yang tahu itu. Kamu akan kehilangan ruang dan waktu. Dan akan ada bagian dirimu yang tak akan pernah sama setelah berhasil keluar darinya. Pemulihannya pun akan membutuhkan waktu yang sangat lama.
5.       JANGAN membuat janji yang tak bisa kamu tepati!
6.       Larilah. JANGAN berjalan!
Bukan “lari” ke tujuan yang dimaksud. Tidak ada tujuan dan Anda menyadari hal ini sekitar usia 30 atau lebih. Maksudnya hanya "berlari". Kamu membangun hidupmu lebih cepat dari mereka yang berjalan (santai-santai saja). Maka kamu akan melihat lebih dalam ke hidup mereka (orang-orang yang santai dalam menjalani hidupnya). Yang menghabiskan waktu mereka sambil menunggu saat yang tepat. Menunggu cuaca yang tepat, koordinat yang tepat, orang yang tepat, untuk menjatuhkan jangkar. Tidak pernah ada saat yang tepat. Jadi jalani saja hidupmu, dan buat percepatan.
7.       JANGAN menunggu mereka berkata “Ya”
Katakan “YA” terlebih dahulu pada dirimu, dan orang lain akan mengikuti. Jangan menunggu mereka berkata “YA” untuk semua yang kamu katakan. Sebab, kamu hanya akan membuang waktu.
8.       JANGAN mencuri/curang terhadap peralatan kantor
Kelihatannya kecil, seperti membawa paper clip kantor ke rumah. Jujurlah. Itu dibeli kantor untuk keperluan kantor, bukan pribadimu. Kejujuran hal kecil tersebut yang akan menguatkan kebesaran karakter dan pribadimu.
9.       JANGAN makan makanan yang buruk
Kesehatanmu adalah aset terpenting. Maka jagalah baik-baik. Tentunya kamu ingin menikmati hidup lebih lama dengan orang yang kamu sayang, kan? Maka perhatikanlah makanmu.
10.   JANGAN menyesal
Jangan memaksa melintasi waktu, hanya untuk kembali ke masa lalu. Today it starts all over again. Every tomorrow is determined by every today.


So, apakah artikel ini cukup membantu kamu untuk belajar, dan mengurangi penyesalan sebelum menjelang usia 30-40 tahun?

No comments:

Post a Comment

Text Widget