Pages

03 April, 2016

[Review buku] Habibie & Ainun

Judul: Habibie & Ainun
Penulis: Bacharuddin Jusuf Habibie
Penerbit: THC Mandiri
Dimensi: xxi + 323 hlm, 14 cm x 21 cm, cetakan ketiga april 2012
ISBN: 978 979 1255 13 4

The days are long. The years are short.

Itulah yang saya rasakan saat membaca kisah di buku ini. Bagaimana perjuangan seorang Habibie di rantau orang serta sumpahnya untuk berbakti pada negeri, lalu dianugerahkan seorang Ainun. Pendamping hidup yang amat melengkapi dan menjadi sayap bagi seorang Habibie untuk terbang melesat.

Terasa sekali kejujuran hati penulis terhadap almarhumah istri tercintanya yang sering penulis ulangi sebagai cinta sejatinya, manunggal. Beragam konflik yang dialami sekembalinya di Indonesia, pengorbanan yang banyak dilakukan serta beragam pikiran dari sudut pandang penulis begitu menarik. Dari rangkaian kejadian itu, sosok Ainun amatlah penting dan menyokong keberhasilan penulis. Ketenangan yang dihadirkan serta kepandaian seorang istri dari keadaan pas-pasan hingga menjadi orang nomor satu dan kembali menjadi warga biasa dari sosok Ainun amatlah menginspirasi. Religiusitas keduanya pun membuat iri. 48 tahun 10 hari tak terasa telah menjelma. Dari rangkaian hari-hari yang terlewati lalu menjelma bulan dan tahun, hingga kisah keduanya harus terhenti.

Buku ini sendiri hadir bukan dengan tujuan profit, melainkan salah satu terapi yang dipilih penulis untuk tetap menjaga kesehatan dirinya setelah ditinggalkan separuh hidupnya. Menulis adalah menenangkan, melegakan, dan mencerahkan.

Namun secara pengemasan isi, masih banyak saya temui typo dan peletakan di- yang kurang tepat.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

"Saya menjadi sadar bahwa mengimbangi suami merupakan keharusan. Ada semacam hukum alamnya: Istri yang tidak mengikuti suami akan ditinggalkan." (Hlm. 47)

"...bersyukur bahwa saya telah mendapat pasangan hidup sejati yang selalu menghilangkan kebimbangan dan keraguan hati saya dalam menerima tugas-tugas yang berat." (Hlm. 148)

Meta morfillah

1 comment:

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik