Pages

17 April, 2016

[Review buku] Wonderful wife

Judul: Wonderful wife
Penulis: Cahyadi Takariawan
Penerbit: Era Adicitra Intermedia
Dimensi: xvi + 324 hlm, 14.5 cm, cetakan pertama Juli 2015
ISBN: 978 602 1680 23 0

Belajar menjadi istri terbaik atau salihah haruslah melalui suami. Maka, dalam pernikahan hal tersebut bukanlah hasil akhir melainkan sebuah proses tiada henti untuk memperbaiki diri. Memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin.

Buku ini menggambarkan setidaknya ada 10 karakter yang harus dimiliki agar menjadi wonderful wife (istri saliha):
1. Pandai menyenangkan suami
Indikatornya adalah menyenangkan saat dipandang suami, bukan orang lain. Melingkupi penampilan fisik, sikap dan kepribadian menyenangkan, serta kondisi emosional-spiritual yang terjaga.

2. Menaati suami dengan penuh cinta di hati
Bukan jenis ketaatan takut dan terpaksa, melainkan hormat dan cinta. Ketaatan dalam kebaikan, bukan kemaksiatan.

3. Menjaga kehormatan dan harta suami
Menjaga rahasia, dengan menghindari curhat terbuka di TV, media sosial, curhat jalanan/dengan orang yang baru ditemui, curhat intens pada seorang lawan jenis, dan curhat pada mertua atau orangtua. Jika mau curhat hanya pada pasangan, pihak yang kompeten menyelesaikan masalah keluarga, dan Allah.

4. Melayani suami dengan sepenuh hati
Meliputi dapur, sumur, kasur. Meski zaman telah berubah, pelayanan istri harus tetap melingkupi itu.

5. Memberi inspirasi dan motivasi bagi suami
Caranya dengan sikap yakin akan kemampuan suami, tenang saat melihat suami gelisah, pengertian, setia, dan sabar.

6. Fokus melihat kebaikan suami
Berlatih mengingat kebaikan suami dan memaafkan serta melupakan salahnya.

7. Menjadi sahabat suami
Setelah menikah jangan sibuk "berkeluarga" lalu lupa untuk "bersahabat" dengan pasangan. Cara menjadi sahabat suami adalah menghapus kenangan buram masa lalu (move on dari mantan), menemani aktivitas suami dan jangan berhenti saling mengenali.

8. Menguatkan kebaikan suami
Istri harus menguatkan suami dalam aktivitas ibadahnya, akhlak, dan orientasi hidup. Jaga suami dari kemungkinan korupsi dan selingkuh.

9. Menghormati dan memuliakan suami
Tetap bijak meski penghasilan atau pendidikan istri lebih tinggi dari suami. Jangan terlalu merasa hebat dan mandiri hingga merasa semua bisa dilakukan sendiri dan tak butuh suami.

10. Melahirkan dan mendidik anak sepenuh hati
Ikhlas mengandung, melahirkan, dan menyusui. Jadilah sahabat serta teladan bagi anak, hingga anak akan menaati Anda. Pilihkan calon ayah terbaik untuknya.

Secara garis besar isinya ada cukup banyak pengulangan dari buku wonderful family. Mungkin karena series sehingga bahasannya masih terkait dan diberikan hasil penelitian yang sama. Ada beberapa typo. Secara pengemasan pun mirip dengan series lainnya.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

"Hanya sahabat yang mau menemani dan mendengarkan cerita pasangan dengan sabar dan telaten. Pada pasangan tua, cerita mereka akan berulang, menceritakan hal-hal yang sama, karena mereka tidak lagi memiliki cerita baru." (Hlm. 162)

"Jangan letih mengerti, jangan lelah memahami, jangan bosan mengenali." (Hlm. 201)

"Jika menjumpai laki-laki yang enak diajak mengobrol, selalu nyambung dan nyaman saat diajak curhat, jangan teruskan. Segera hentikan dan jauhi laki-laki tersebut. Jika istri tidak tegas dari awal, akan membuat kedekatan perasaan tersebut berkembang menjadi kenyamanan emosional yang membuat Anda semakin sulit untuk melepaskan diri." (Hlm. 231)

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik