Pages

24 April, 2016

[Review buku] Strawberry cheesecake

Judul: Strawberry cheesecake
Penulis: Ayuwidya
Penerbit: Bentang Pustaka
Dimensi: iv + 304 hlm, 20.5 cm, cetakan pertama Maret 2016
ISBN: 978 602 291 138 8

Demi menarik perhatian cowok yang disukainya, Alana--artis terkenal--rela berbohong bahwa dirinya suka memasak. Sampai ia sering membelikan strawberry cheesecake kesukaan Aidan di Orchid Cafe dan mengaku kue itu adalah buatannya. Tentunya dengan mengganti kotak dan membuang segala identitas orchid cafe di dalamnya. Alana tak pernah menyangka kebohongan kecilnya itu akan menyeretnya ke dalam situasi yang lebih rumit. Ia terjebak pada sebuah acara reality show yang meliputnya memasak secara live di dapur. Tidak hanya itu, gara-gara strawberry cheesecake kesukaan Aidan, ia pun menjadi mengenal Regan melalui kejadian yang tak mengesankan.

Siapa sangka, bahwa segala kekacauan itu akan membuatnya lebih dekat pada Regan yang misterius. Hingga perlahan Alana menyadari bahwa ada tunas perasaan yang baru tumbuh di hatinya. Hatinya mempertanyakan, siapakah yang sesungguhnya ia cintai, Aidan atau Regan? Untuk apa semua kekonyolan dan kebohongan ini ia jalani?

Awal saya membaca naskah ini dalam bentuk soft file masih kurang mengalir. Namun saat saya sudah memegangnya dalam bentuk buku, saya bisa menikmatinya selembut strawberry cheesecake yang saya bayangkan. Manis, membuat tersenyum, hingga di beberapa part saya tertawa. Logika ceritanya menjadi lebih asyik dan dapat saya bayangkan seperti menonton film korea. Ada perbaikan dan penambahan adegan serta ending yang so sweet. Sungguh berkembang dari naskah awal yang saya baca. Saya dibuat tertawa dan meringis malu seakan saya yang menjadi Alana. Menurut saya, itu adalah sebuah kesuksesan ketika pembaca merasa seperti dialah sang tokoh utama. Tapi sungguh, saya tidak mau menjadi seperti Alana. Berpura-pura mencintai dapur dan memasak. Saya jauh lebih suka bilang "Tidak suka masak, atau tidak bisa masak." Meskipun saya bisa dan saya akan memasak yang terbaik bila saya sayang pada seseorang. Haha...

Hanya butuh waktu dua jam untuk menyelesaikan novel ringan bergenre metropop ini. Hanya saja untuk covernya saya kurang suka. Di bayangan saya harusnya sepotong strawberry cheesecake berwarna pink soft dengan latar putih, atau celemek ala Celebrity Cake Show dengan nuansa riang.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

"Apakah kamu tahu bagaimana rasanya itu? Melakukan sesuatu yang paling kamu benci untuk orang yang kamu cintai?" (Hlm. 64)

"Betapa enaknya kalau kita bisa mengerjakan apa yang kita sukai sepanjang hari. Berkarier dan hidup dari hal itu." (Hlm. 99)

"Kita punya cara sendiri-sendiri untuk bertahan hidup tanpa orang yang kita cintai. Sebagian orang bertahan dengan memori, sebagian lagi justru terluka karena memori. Jadi... kurasa kita tidak bisa memvonis seseorang itu kuat atau lemah berdasarkan caranya melupakan orang yang dicintai." (Hlm. 142)

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik