Pages

11 April, 2015

[Review buku] Fatimah

Judul: Fatimah: The Greates Woman In Islamic History
Penulis: Ali Syariati
Penerbit: Mizan Media Utama
Dimensi: xxxiii + 326, cetakan I Juli 2008
ISBN: 978 979 18258 0 1

KAGET!!!
Itulah yang saya rasakan saat membaca buku ini. Ekspektasi saya adalah penjelasan tentang pribadi Fatimah, namun yang saya dapati hingga bab keenam adalah tentang pemikiran Syiah. Saat saya membaca kata pengantarnya, barulah saya paham, ternyata penulisnya berasal dari Iran yang mengaku orang Syiah Alawiyyah, bukan syiah syafawiyyah. Begitu gamblangnya pemujaan terhadap Ali dan Fatimah dibandingkan kekalifahan sahabat. Bahkan sampai ada penyebutan Imam 12, turunan Ali. Saya kaget, mengapa saya bisa memiliki buku ini. Secara logika pun saya agak aneh. Ada beberapa hal yang absurd, seperti mengakui tuhan lain. Menurut saya buku ini menyeramkan bagi orang awam.

Berikut salah satu kalimat aneh yang ingin menjelaskan tentang air mata atau menangis adalah bentuk cinta.

"Mereka menangis agar dapat mengikatkan hati mereka secara mendalam kepada keluarga tercinta ini. Itulah tempat pemujaan yang sesungguhnya, Olimpia sejati tempat bersemayamnya tuhan-tuhan yang tidak mengenal bahasa lain kecuali air mata." (Hlm. 34)

Mengapa harus diumpamakan ke olimpia dan tuhan-tuhan lain?

Juga kronologis usia yang janggal di halaman 197 "Istri Nabi, Khadijah, sudah sangat tua, barangkali tujuh puluh tahun. Dia telah menjalani kehidupan sepuluh tahun masa kenabian dan tiga tahun dalam pengepungan itu."

Padahal di halaman 201, dijelaskan bahwa Nabi berusia 25 tahun, dan Khadijah 40 saat menikah. Berarti selisih usia mereka 15. Nabi diangkat menjadi rasul di usia 40 tahun. Kalau 10 tahun masa kenabian, seharusnya usia nabi 50 tahun dan khadijah 65 tahun, bukan 70 tahun.

Aneh. Sifat Fatimah dan Ali pun begitu aneh di buku ini. Mengejutkan, saya memiliki buku ini. Tertumpuk di tumpukan bawah yang baru sempat saya baca.

Kalau harus memberi bintang, saya beri 1 dari 5 bintang.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget