Pages

18 April, 2015

[Review buku] Sarelgaz dan cerita-cerita lainnya

Judul: Sarelgaz dan cerita-cerita lainnya
Penulis: Sungging Raga
Penerbit: Indie book corner
Dimensi: 144 hlm, 12 x 18 cm, cetakan pertama oktober 2014
ISBN: 978 602 3090 06 8

Ini adalah buku yang berisi 17 cerita pendek karya Sungging Raga. Beberapa di antaranya, ada yang sudah saya baca melalui blognya. Dari awal saya mengenal tulisan sungging raga di blognya www.surgakata.wordpress.com saya sudah jatuh cinta dengan gayanya bercerita. Ia pun memiliki semacam ciri khas, seperti nama tokohnya yang sering menggunakan nama Nalea, Alesia, Oxymora; juga lokasi desa bernama ensifera, yang sampai membuat saya merasa desa itu benar-benar ada. Semua ceritanya menarik. Tapi kalau ditanya yang paling saya suka di antara 17 cerpen ini, saya punya favorit: Alesia. Meski saya sudah membaca cerita itu di blognya, tak bosan membaca ulang dan tetap sama kesan yang saya dapat setelah membacanya.

Meski secara pengemasan saya agak menyayangkan, sebab jenis font yang digunakan adalah jenis font berkait dengan ukuran yang kecil, sehingga membuat orang cepat mengantuk saat membacanya. Ditambah banyak pemenggalan kata yang ditandai "-" yang menurut saya kurang tepat dan agak mengganggu. Saya tetap memberi 5 dari 5 bintang. Kualitas sungging raga tak patut diragukan lagi.

Berikut cuplikan ketujuh belas cerita pendek tersebut:
1. Sepertiga malam terakhir
Cerita anak kecil dan doanya di sepertiga malam.

2. Hipotenusa
Cerita anak setengah manusia-iblis yang bingung menentukan jati dirinya.

3. Sifat sedih hujan
Cerita tentang hujan dan doa seorang gadis yang tidak menginginkan kehadirannya.

4. Alesia
Cerita anak kecil dengan ibunya yang sakit dan malaikat.

5. Kutukan kurir kematian
Cerita awal mula sebuah profesi hingga sejarah mengulang kembali dirinya.

6. Nehalenia
Cerita jenis kekasih dari dunia hantu.

7. Pesugihan zombie
Cerita sepasang kekasih yang memilih pesugihan zombie dan pada akhirnya terpisah selamanya.

8. Perempuan yang berjalan di tengah rel
Cerita perempuan yang berjalan di tengah rel dengan tujuan yang hanya ia sendiri dan Tuhan yang tahu.

9. Dongeng balas dendam
Cerita keisengan leluhur yang menjelma kerusakan dua buah negeri.

10. Bidadari serayu
Cerita tentang awal mula pencemaran sungai serayu.

11. Sarelgaz
Cerita tentang sarelgaz dan ratu laba-laba.

12. Gadis pelukis mimpi
Cerita gadis dan lukisan karya ayahnya.

13. Laut kesedihan
Cerita seorang gadis yang membangun laut kesedihan hingga akhirnya laut meniadakannya.

14. Isara
Cerita isara dan lelaki yang dicintainya dengan stasiun lempuyangan sebagai saksi.

15. Sebuah patung menangis
Cerita mitos patung menangis yang menentukan lama atau tidaknya sepasang kekasih bertahan.

16. Surat dari janelle
Cerita tentang surat dari janelle dan balasannya.

17. Abnormabilia
Cerita oxymora, anak setengah manusia-iblis yang jatuh cinta pada guru SD nya.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget