Pages

04 April, 2015

[Review buku] Menata spiritual muslimah

Judul: Menata spiritual muslimah
Penulis: Ninih Muthmainnah
Penerbit: Tasdiqiya Publisher
Dimensi: xi + 206 hlm, cetakan kedua Juli 2012
ISBN: 978 602 18495 0 7

Buku ini dihadiahkan oleh salah seorang teman lelaki di bulan Agustus 2012. Namun baru saya baca hari ini, karena baru saja dikembalikan oleh kerabat yang meminjamnya.

Buku ini begitu simpel, bahasanya mudah dicerna dan to the point. Memang judulnya diperuntukkan bagi muslimah, tapi lelaki pun bisa membacanya. Sebab  menurut saya ulasan dalam buku ini masih bersifat general.

Terbagi menjadi 5 bab, Teh Ninih mengawali dengan bab "Menguatkan keyakinan pada Allah SWT" dengan sub tentang tauhid, sabar dan shalat, lalu pendalaman terhadap wahyu pertama yakni Iqra'.  Berlanjut ke bab "Meraih ampunan Allah SWT" dengan sub tentang taubat, memohon keselamatan imam dan kesucian saat kita kembali fitri di hari raya. Bab ketiga "Menenteramkan jiwa dengan ibadah" dengan sub tentang ikhlas, bahaya riya terhadap amal dan berbagai amalan yang disukai Allah. Selanjutnya bab "Mengisi hidup dengan akhlak mulia" dengan sub tentang pemanfaatan waktu dan harta, silahturrahim, menjaga lisan, pandangan dan pendengaran serta menjadikan rasul sebagai teladan. Lalu bab terakhir, yang membuat buku ini dikhususkan untuk muslimah, bab "Mengoptimalkan fitrah wanita" dengan sub tentang karir, fitrah wanita, mendidik anak, keutamaan ibu dan belajar dari sosok mulia seperti Khadijah dan Aisyah.

Buku ini cocok untuk mengingatkan kembali diri kita akan hakikat muslimah sebenarnya. Bisa dibaca di sela waktu sibuk atau pun saat santai, sebab bahasanya begitu halus dan mudah dicerna. Tak membuat kening berkerut-kerut.

Saya memberikan 3 dari 5 bintang

No comments:

Post a Comment

Text Widget