Pages

12 August, 2017

[Review buku] Vegetarian

Judul: Vegetarian
Penulis: Han Kang
Penerbit: Baca
Dimensi: 222 hlm, cetakan I Februari 2017
ISBN: 978 602 6486 07 3

Di tahun kelima pernikahannya, Kim Yeong Hye bermimpi buruk. Akibat mimpi itu, ia membenci daging dan menjadi vegetarian. Obsesi vegetarian ini ternyata berkembang makin ganjil dan mengubah drastis hidupnya. Mulai dari hubungannya dengan sang suami, orangtua, saudara, hingga kakak iparnya.

Dengan suaminya, ia tidak lagi mau berhubungan suami istri sebab mual dengan daging di tubuh suaminya. Orangtua, terutama ayahnya sampai menampar dan memaksanya memakan daging di hadapan sang suami, namun ia memilih bunuh diri. Hal itu membuat murka ayahnya. Sementara ia malah berhubungan dengan kakak iparnya yang merupakan seniman hanya karena tubuhnya tidak berbau daging sebab dilukis dengan cat dahulu. Hingga akhirnya ia diceraikan dan dimasukkan ke dalam RSJ oleh kakaknya yang baik.

Terdapat 3 PoV utama dan 1 PoV kilasan dalam novel ini. Dimulai dari PoV sang suami, kakak ipar dan terakhir sang kakak. Sementara PoV Kim Yeong Hye sendiri hanya muncul di beberapa part berupa deskripsi mimpi buruknya. Alurnya maju mundur. Dengan kalimat pembuka yang membuat penasaran dan konflik berawal dari vegetarian, novel ini membuat saya terhanyut.

Lebih dalamnya, novel ini membahas hal tersirat tentang psikologis manusia. Tentang kebebasan berekspresi, kekerasan dalam rumah tangga, kehampaan jiwa, ke-sok-tegaran dan sedikit budaya keluarga di Korea. Sayangnya, endingnya menggantung dan membuat saya bingung. Tapi saya suka dengan konflik utamanya, yang sebenarnya bukan tentang vegetarian, tapi kemuakan pada setiap yang berdaging atau spesifiknya manusia lain hingga dirinya sendiri.

Tapi saya tidak rekomendasikan novel ini untuk kalian yang logis, imajinatif membayangkan, dan religius. Sebab banyak adegan dewasa yang aneh dan cukup vulgar.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

"Hidup itu aneh, manusia tetap makan dan minum, buang air, mandi, serta terus melanjutkan hidup mereka apa pun yang terjadi meski hal sangat tragis telah menimpa mereka." (H.203)

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget