Pages

29 August, 2017

Perbanyak afirmasi positif

"Ma, aku pengin lemari buku kayak gini." Sambil menunjukkan gambar.

"Belilah."

"Tapi rumahnya juga harus besar kayak gitu."

"Ya belilah. Kamu pasti mampu. Minta sama Allah."

~~~

Lain waktu.

"Ma, mobil tadi enak ya. Meta pengin, deh!"

"Iya, enak. Tapi cuma muat 4. Nanti kamu nikah, mama sama uda di mana?"

"Meta gak suka yang gede. Pengin yang kecil aja."

"Yaudah, beli 2. Kalau cuma kamu yang pergi, bawa yang kecil. Kalau ajak mama sama uda, bawa yang besar."

"Mahal, Ma. Gaji ga bisa beli."

"Pasti bisa. Minta sama Allah."

~~~

"Met, kamu harus rapi, elegan, berpikir jauh dan besar. Siapa tahu kamu jodohnya pejabat atau pengusaha. Kamu harus bisa membawa diri dan beretika."

"Yaelah, ribet Ma. Diatur-atur kalau istri pejabat. Lagi gak nyambung ke pekerjaan Meta sekarang, Ma."

"Dimulai sejak dini, Met. Mungkin saja kamu bakal menemani seseorang yant sukses nantinya. Kita gak pernah tahu jalan hidup kita nanti. Pastikan yang terbaik dari dirimu di mana pun kamu berada. Allah Maha Kuasa, doa mama didengar, loh. Jaga sikap kamu di mana pun. Gak usah ikuti orang yang negatif."

~~~

Tahu, gak? Afirmasi yang sering direpetisi itu membuat saya meyakini bahwa masa depan ada di genggaman saya. Saya yang menentukan sikap, saya yang memgubah takdir saya dengan ikhtiar yang diridhaiNya. Dan KEPERCAYAAN yang lebay itu, tapi tidak selintas lalu membuat saya percaya bahwa kemungkinan yang mustahil menurut orang lain, sangat wajar terjadi dengan doa seseorang: mama saya.

Jadi, mengapa tidak kita sering ulangi pada diri anak kita, sekitar kita bahwa mereka BAIK, berhak mendapat TERBAIK, dengan cara yang BAIK dalam koridor ketaatan padaNya. Hingga mereka percaya bahwa benih KEBAIKAN itu ada dalam diri mereka dan mereka tersugesti hingga mengejawantahkannya dalam aksi nyata.

Maafkan dan minimalisir hal NEGATIF dengan PERBANYAK AFIRMASI POSITIF. Kurangilah komentar gak penting dan destruktif, biasakan komentar positif dan konstruktif. Belajar terus ya, Met!

Meta morfillah

1 comment:

Text Widget