Pages

17 August, 2017

[Review buku] Argh! Di mana jodohku?!

Judul: Argh! Di mana jodohku?!
Penulis: Astrid Tito
Penerbit: Matahari
Dimensi: 287 hlm, cetakan I Mei 2013
ISBN: 978 602 17815 86

Perjalanan Freya, teller Bank Nasional yang menyambi kuliah di malam hari dalam menemukan cinta, rezeki, dan jati dirinya. Bertemu dengan Fabian yang suka melakukan kekerasan, Ashley dan ibunya yang meremehkan, Frans yang merupakan gay, Kak Anas yang lebih memilih Ziyah, dan akhirnya Rafa dengan segala kekayaan dan kerendahhatiannya.

Tak luput sahabat sejatinya Irma, Luly, dan Lani, serta atasannya yang baik, Mbak Rini. Semua lika-liku itu mengantarkan Freya pada mimpinya. Ibarat dream comes true!

Novel ini sebenarnya cukup seru, sayang alurnya yang maju mundur, agak membingungkan kronologis sebab tokoh utamanya keseringan mengenang masa lalu. Juga karakternya kurang kuat, seperti sang Ibu, di awal kesannya cerewet, rese, tapi semakin ke belakang dipuji terus seakan santun, tegar, dll. Pun tokoh utamanya, terkesan begitu ustadzah. Banyak sekali nasihatnya, sehingga lebih terasa kayak buku pengembangan diri/teori dibanding novel. Klimaks dan endingnya pun begitu klise, tak ada konflik berarti.

Saya apresiasi 3 dari 5 bintang.

"Seberapa besar atau kecil action kamu untuk meraih apa yang kamu inginkan, tergantung dari kedekatanmu pada Tuhan." (H.66)

"Kekayaan hakiki yang ada di hati. Bukan saja kaya harta, tapi juga kaya teman, kaya sehat, kaya kebebasan waktu, kaya iman. Jadilah kaya di berbagai bidang kehidupan." (H.194)

"Ada dua cara menjalani kehidupan. Pertama, menganggap bahwa tidak ada satu pun kejadian yang ajaib. Kedua, menganggap bahwa semua yang terjadi adalah keajaiban." (H.237)

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget