Pages

08 April, 2013

[Event] #SiBuk #Kopdar2 @KlubBuku_BGR




Di acara #SiBuk #Kopdar2 @KlubBuku_BGR kali ini ada tips-tips yang menurut tha perlu dishare ke blogger sekalian.
Sisi penulis (@Kyria, penulis “My Perfect Sunset”)
    Foto Bareng #Kopdar2 #SiBuk @KlubBuku_BGR
  1. Jika membuat cerita, tekankan pada latar belakang tokoh. Misal: tokoh utama kamu adalah mahasiswa, maka jangan ceritakan tentang kisah cintanya saja. Tapi juga ceritakan bagaimana dia menghadapi problem di kampusnya.
  2. Tentukan plot/alur secara konsisten. Biasakan berpikir menyeluruh (front-end), jadi sudah memiliki gambaran awal dan akhir, tidak menggantungkan cerita.
  3. Untuk latar/setting, jangan hanya berupa tempelan. Tapi sebaiknya lakukan riset. Missal kamu ingin bersettingkan Paris, nah riset tempat-tempat wisata terkenal di Paris, iklim, cuaca, makanan, dll. Jadi cerita kamu lebih hidup.
  4. Buat Deadline untuk diri sendiri. Misal: setiap pukul 07.00-10.00 malam harus menghasilkan tulisan,minimal 1 paragraf.
  5. Setiap memiliki ide yang terlintas, segera tuliskan. Biar acak, tetap tuliskan. Jangan dibiarkan, karena akan menguap dan hilang.
  6. Untuk menerbitkan buku, PDKT dengan penerbit. Dimulai dari baca-baca website penerbit, riset genre apakah yang mereka cari. Cari tahu tentang berapa jumlah halaman minimal,maksimal dan tipe cerita yang dicari penerbit tersebut. Lalu PDKT via email/telepon, tanyakan kapan naskah dijawab oleh mereka? Jangan menagih-nagih terus. Missal: maksimal 3 bulan baru ada kabar. Seringlah terlibat di komunitas, missal: lelang buku, lomba-lomba. Dan bila ada Lomba Menulis, biasanya penerbit tersebut sedang mencari naskah tersebut. (missal: tema novel = hujan). Nah, jangan ikutn bersaing dengan peserta lomba tersebut, tapi PDKT sendiri dan langsung kirim secara regular. Mengurangi kemungkinan bersaing dengan begitu banyak peserta, karena pasti akan didahulukan.
  7. Bila mencari first reader, jangan sembarangan. Pilihlah orang yang memiliki minat baca sesuai dengan genre tulisanmu!


Sisi penerbit BY PASS (@suripprayugo)
Alur produksi buku adalah Pengadaan Naskah -- Editing -- Desain Sampul -- Setting -- Cetak -- Distribusi + Pemasaran.
Tips-tips yang didapat adalah:
Group WA KB 1 & 2 bersatu
  1. Biasanya, tiap penerbit itu sudah membuat/memiliki list tema/judul untuk per tahun. Nah, jika naskah kamu ditolak ada kemungkinan naskah kamu sudah bagus, hanya saja temanya tidak untuk tahun ini… melainkan tahun berikutnya. Jadi tidak diprioritaskan.
  2. Setiap mengirimkan naskah, sertakan SINOPSIS(yang mewakili isi dan lengkap), serta latar belakang penulis. Karena penerbit(editor) akan lebih tertarik dan menghargai yang membuat synopsis. Maka buatlah sinopsismu menarik dan semua penekanan terhadap karya kamu ada di sana.
  3. Berdayakan BLOG. Karena kebanyakan penerbit mencari penulis melalui searching/blogwalking.

No comments:

Post a Comment

Text Widget